Jemberpost.com,
Dalam rangka mewujudkan percepatan masyarakat Jember yang sejahtera dan terajad kesehatan yang optimal karena kesehatan merupakan kebutuhan setiap orang, maka dengan layanan kesehatan dan fasilitas yang tersedia, Jember Medical Center (JMC) siapmenerima kedatangan masyarakat di kota Jember dan sekitarnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatannya. “Kami siap menerima masyarakat dengan layanan yang “one stop service” yaitu memberikan layanan kesehatan yang bermutu, merata, terjangkau dan efisien, “jelas dr. Susilo Wardhani, S.MM saat dikonfirmasi jemberpost.com di kantornya, jalan Gajah Mada 206 Kaliwates Jember.
Jember Medical Center (JMC) mengembangkan layanan one stop services kepada para pasiennya. Fasilitas yang tersedia sangat lengkap, mulai dari pelayanan medis spesialis, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, pelayanan umum dan konsultasi gizi, pelayanan kedokteran komplementer dan masih banyak lagi pelayanan yang ada. "Gedung ini dilengkapi peralatan dan fasilitas modern terpadu untuk memenuhi kebutuhan banyak pasien, “ujarnya
Dalam kesempatan yang sama, dr. Dhani yang ditemui di kantornya ini juga menjelaskan bahwa seluruh fasilitas yang ada berbasis informasi teknologi (IT). Mulai dari laboratorium, farmasi, dan administrasi pasien semua online. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan pada para pasien, dimana seluruh pasien tidak perlu di transfer dari satu unit ke unit lain untuk mendapat pelayanan. “Kali ini JMC ingin memperbaiki sistem pelayanannya untuk mengembangkan one stop services bagi para pasien, jadi pasien bisa mendapatkan seluruh layanan yang dibutuhkan tanpa harus keluar dari gedung/kantor. Obat, laboratorium, rehabilitasi medik semua sudah tersedia disini, “tambah dokter Dhani
Lebih jauh dikemukakan dokter yang sudah banyak pengalaman ini, bahwa dalam mengakomodasi dan memperluas akses pelayanan kesehatan, khususnya sekmen masyarakat yang selama ini memanfaatkan fasilitas yang ada di luar Kabupaten Jember, Jember Medical Center (JMC) memberikan pelayanan medis modern yang dilengkapi dengan sarana penunjang medis, kebugaran dan kelengkapan pelayanan lain dalam satu lokasi. “Kemampuan peralatan yang modern akan mampu memberikan pelayanan yang maksimal dalam satu lokasi (tempat) di JMC, “tegasnya.
Yang lebih membanggakan lagi bahwa semua pelayanan pemeriksaan (general chek-up) kesehatan sudah tersedia disini, seperti pelayanan medis spesialis, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, pelayanan umum dan konsultasi gizi, pelayanan kedokteran komplementer dan masih banyak lagi pelayanan yang ada, diharapkan akan mampu memberikan kepuasan pelanggan dalam memenuhi derajat kesehatannya. “Misalnya bila memerlukan pelayanan pemeriksaan laboratorium tidak perlu keluar gedung, bahkan bila perlu peningkatan kebugaran juga tidak perlu mencari pelayanan keluar gedung, “ujar dr. Dhani panggilan akrabnya sekaligus promosi.
Konsep One Stop Service (OSS) di JMC adalah salah satu solusi untuk mengurangi hilangnya kesempatan pelanggan (opprotunity loss) yang mungkin saja menyebabkan kerugian ekonomi (economic loss). “Dengan konsep ini pasien yang datang tidak perlu harus kemana-mana lagi, dan dapat dilayani di satu tempat atau area yang mudah dijangkau, “katanya.
Konsep OSS kemudian berkembang dengan berbagai pelayanan aksesori lainnya semisal, kantin/restaurant, disamping pelayanan utama/fungsional berupa poliklinik, laboratorium, apotik, dll, yang berada dalam satu area yang mudah dijangkau. “Dalam konsep OSS maka misalnya, ruang poliklinik harus berdekatan dengan laboratorium, fasilitas radiologi, serta instalasi farmasi, “pungkasnya.
Sementara itu drg. Rustin Savitri sangat menyayangkan apabila prasarana yang sangat memadai ini tidak dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat Jember, padahal semua sarana medis yang ada dapat menghasilkan data atau rekam medik yang sangat akurat.(sal)

Kategori

Blog Archive

Kamis, April 09, 2009
ONE STOP SERVICE DI JEMBER MEDICAL CENTER
Diposting oleh Team Redaksi
Label: Berita Umum, Kesehatan, Profil
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Posting Komentar