Jumat, Juni 26, 2009

NILAI UASBN JEMBER TEMBUS NILAI ABSOLUT

Jemberpost.com
Dalam upaya mendukung program pemkab. jember untuk memberikan pelayanan pendidikan, merupakan salah satu program prioritas. Keberhasilan sebuah ujian apapun bentuknya, tidak di tentukan oleh satu faktor sajanamun juga harus memenuhi factor-faktor lain, yang biasa dalam istilah dunai pendidikan ada factor tri sukses, yaitu sukses persiapan, sukses pelaksanaan, hal tersebut hendaknya perlu dukungan dari 3 element yang ada, yaitu guru, siswa, serta orang tua murid. Kalau ketiga ini bersama-sama memberikan kontribusinya untuk peningkatan mutu pelayanan pada anak anak, maka kemajuan yang kita harapkan kedepan akan terbukti dan bisa kita rasakan.
Demikian disampaikan oleh Kabid TK/SD Dispendik Jember, Drs.H Jumari Msi. Ketika di temui di ruang kerjanya, bahwa ujian adalah bukan satu satunya jawaban daris ebuah tingkat kualitas siswa, namun demikian kita terus berupaya bagaimana supaya peningkatan mutu pendidikan khususnya di kabupaten jember bisa berhasil adalah, yang salah satu indikatornya adalah ujian (UAS/UASBN) oleh karena itu, ketika tahun kemarin UASBN dilaksanakan nilai kurang memenuhi standart dan kurang tinggi, dalam setahun kedepan, pihak Dispendik melalui UPTD-UPTD Pendidikan berupaya terus memacu bagaimana tingkatan mutu guru, melalui pelatihan pemberdayaan gugus, yang pada akhirnya untuk UASBN tahun ini adalah peningkatan yang signifikan telah kita nampakan, kata Jumari
Meskipun bicara masalah UAS masih jauh yang kita harapkan, lanjut Jumari, tetapi menggingat jumlah peserta di kabupaten jember yang cukup besar lebih dari 38.921 sangat wajar kiranya kalau masih ada beberapa sekolah untuk beberapa siswa yang perlu kita pertajam lagi, dengan harapan hasil kedepan bisa digunakan sebagai pembanding. Tahun 2008 untuk nilai rata rata hanya 5,70, Tahun 2009 sudah mencapai nilai rata rata se kabupaten jember 6,15 yang artinya kalau di rujuk nilai jumlah itu adalah 19,03 dari jumlah 0,3. Jumlah tersebuta dibagi 3 mata pelajaran bisa mencapai nilai lebih dari 6, dan ini sudah cukup baik. Nilai 6 tersebut memang kecil, lanjut Jumari, akan tetapi, kita sebagai orang tua jangan melihat besar kecilnya nilai tersebut, melainkan keberhasilan anak kita dalam UAS.
Ada 222 anak yang nilai matematikanya sangat memuaskan artinya absolut atau mendapat nilai 10 untuk mata pelajaran Matematika, begitu juga untuk mata pelajaran IPA .hanya kalau mata pelajaran Bahasa Indonesia memang masih belum ada yang bisa dapat nilai absolud, ungkap Jumari. Lebih lanjut juga dijelaskan oleh Jumari, bahwa beberapa lembaga sekolah di kabupaten jember yang tembus di tingkat propinsi dengan nilai rata rata lebih 26, sekarang ini ada yang mencapai ± 28,06, berarti rata rata 9,4, mislanya SDN Bangsalsari I. dan, ini sangat membanggakan, tandas Jumari.
Nilai tertinggi untuk perorangan ada 5 anak yaitu : Muhammad kholid Abdullah dari SD Alfurqan dengan nilai 29,20, Wulan Rahmadani SD Jember lor I dengan nilai 29,15,Nurfaijah Titisari suliha dari SD Alfurqan dengan nilai 29,10, Muhammad Miftahul Ulum dari SDN Ambulu 4 dengan nilai 29,00, Settiyani Deby Suharto dari SD Maria fatimah dengan nilai 29,00. Dengan nilai rata rata sebesar 28,00 ini menunjukan bahwa hampir sebagian besar siswa sekolah di Kab Jember dipastikan hamper mendapat nilai dengan rentang 27 sampai 29, pungkas Jumari. ( sal)

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna