Jumat, Desember 18, 2009

BI Jember Rehab Gedung SMP dan Buat MCK

Jemberpost.com
Keterlibatan peran sektor perbankan dalam bentuk kepedulian kepada masyarakat telah ditunjukan oleh kantor Bank Indonesia (BI) Jember dalam rangka HUT Jember Ke-81, dengan melakukan rehab gedung SMP Kartika dan pembuatan fasilitas mandi cuci kakus (MCK) di Desa Karanganyar Kelurahan Tegalbesar Kecamatan Kaliwates. Dalam rehab gedung sekolah dan MCK tersebut BI sengaja menggandeng Kodim 0824 dan Yon Armed 8, kedua proyek tersebut pelaksanaannya dilapangan dikerjakan oleh personil Kodim 0824 dan Yon Armed 8 setelah disurvei terlebih dahulu, sedang biaya pengerjaan proyek tersebut semuanya ditanggung oleh BI.
Hal tersebut dikemukakan oleh Herry Kurniawan analis muda bagian moneter BI di ruang kerjanya, menurut pria kelahiran kota pahlawan Surabaya itu rehab gedung SMP Kartika tersebut saat ini telah memasuki tahap penyelesaian dengan menelan biaya sebesar Rp.22 Juta dan pembuatan MCK senilai Rp. 28 Juta. Khusus untuk pembuatan MCK di Karanganyar tersebut sudah dirampungkan pada Nopember 2009 lalu dan telah diresmikan langsung oleh pimpinan BI Jember A.Rasyid Madjid dan Komandan Yon Armed 8 Letkol Choirul Hadi, MCK itu sendiri terdiri dari 2 unit dan 1 unit tempat untuk mencuci dan oleh warga setempat difungsikan sebagai sarana fasilitas umum.
“Pembangunan MCK oleh BI Jember diperuntukan bagi 100 KK di lingkungan Desa Karanganyar KelurahanTegalbesar, sebelum adanya MCK ini warga cenderung memanfaatkan sungai sebagai kegiatan mandi, cuci dan kakus yang rentan menimbulkan penyakit. Renovasi gedung SMP Kartika dan pembuatan MCK ini bagian dari kegiatan Social Responbility (SR) yang ada di BI Jember, hal tersebut diwujudkan dalam bentuk kepedulian sosial bagi masyarakat yang membutuhkan. Bahkan untuk tahun depan 2010 nantinya BI juga akan mengembangkan bantuannya di luar Kabupaten Jember, mengingat BI Jember wilayah kerjanya mencakup empat kabupaten yakni Jember, Bondowoso, Banyuwangi, dan Situbondo, “tandas Herry.
Menurut salah seorang warga Desa Karanganyar Kelurahan Tegalbesar yang namanya enggan dikorankan mengungkapkan, dirinya dan warga di desa di desa tersebut sangat senang dengan adanya keberadaan MCK dan tempat mencuci bantuan dari BI Jember tersebut. Dengan adanya fasilitas MCK dan tempat mencuci yang baru itu, kini dirinya dan warga yang lain tidak perlu dipusingkan lagi dengan urusan MCK. Hal ini paling tidak juga menyadarkan warga masyarakat untuk merubah kebiasaan buruknya utamanya yang tinggal di pedesaan dengan memanfaatkan sungai sebagai MCK, untuk beralih menuju pola hidup sehat sesuai yang dianjurkan oleh pemerintah
Selain itu menurut Herry, BI Jember sangat peduli dengan dunia pendidikan, kepedulian tersebut ditunjukan oleh BI dengan membantu kebutuhan biaya pendidikan bagi anak pegawai cleaning servis dalam bentuk bea siswa. Bea siswa tersebut terkumpul lewat seksi kerohanian Islam yang ada di BI, dengan diambilkan dari gaji karyawan yang disisihkan dan dikumpulkan melalui pengelola zakat, infaq dan sodaqoh (Ziz) . Tidak itu saja selama ini BI juga aktif membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam bentuk bantuan teknis pelatihan bukan uang tunai, dengan pelatihan tersebut para peserta bisa memperoleh akses pelayanan perbankan kerjasama dengan konsultan keuangan mitra bank (KKMB). (sal)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna