Kamis, Agustus 27, 2009

Jember Paling Layak Kembangkan Desa Wisata


Jemberpost.com
Ada gagasan menarik yang dikembangkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Departemen Pariwisata Provinsi dalam upaya lebih mengenalkan obyek tujuan wisata daerah kepada para wisatawan baik domestik maupun mancanegara, salah satunya adalah dengan mengemas wisata daerah melalui pengembangan desa wisata.
Program yang tengah dilakukan oleh departemen pariwisata tersebut sebagai langkah awal untuk lebih memberdayakan masyarakat yang ada disekitar tempat tujuan wisata, konsep desa wisata itu dengan memaksimalkan potensi yang dipunyai oleh desa baik dari aspek ekonomi maupun sosial budayanya.
Dengan adanya desa wisata itu praktis akan meningkatkan pendapatan masyarakat yang membuka usaha kecil dilokasi tujuan wisata dengan menjual berbagai macam kerajinan dan warung makanan, selain itu keberadaan desa wisata bisa memberikan kontribusi pendapatan kepada daerah.
Dari data yang ada di kantor Dinas Pariwisata Propinsi Jawa Timur sendiri menyebutkan, selain di Kabupaten Jember desa wisata juga tengah dikembangkan di kabupaten lain seperti Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pacitan.
Kepala Kantor Pariwisata Pemkab Jember Arif Tjahjono,SE mengatakan, di Kabupaten Jember ada tiga desa yang disiapkan menjadi desa wisata diantaranya Desa Kemuning Kecamatan Arjasa, Desa Sukorambi Kecamatan Sukorambi, dan Desa Sumber Rejo Kecamatan Ambulu. Dipilihnya desa wisata tersebut menurut Arif bukan tanpa alasan, dirinya mencontohkan di Desa Sukorambi Kecamatan Sukorambi terdapat wisata agro Taman Botani, Desa Kemuning Kecamatan Arjasa dikenal dengan pemandian Rembangan, serta di Desa Sumber Rejo Kecamatan Ambulu ada pantai watu ulo dengan keindahan wisata lautnya.
“Kantor Pariwisata Kabupaten Jember sangat mendukung program desa wisata ini, upaya persiapan desa wisata terus dilakukan dengan berbagai upaya mulai dari mempercantik sarana dan prasana yang ada hingga mensosialisasikan program tersebut kepada masyarakat desa wisata, mengingat desa wisata ini akan dilaksanakan pada tahun 20l0. Bahkan Kabupaten Jember dinilai oleh kepala dinas pariwisata Propinsi Jawa Timur sebagai kabupaten yang paling layak untuk melaksanakan desa wisata ketimbang kabupaten lain, penilain tersebut menurut saya tidaklah terlampau berlebihan,”ungkap Arif mantan Camat Ambulu itu.
Dirinya menambahkan, seharusnya penerapan desa wisata tersebut bisa dilakukan oleh pemerintah pusat di setiap kabupaten yang ada di Indonesia sebab tiap-tiap kabupaten pasti mempunyai objek wisata.” Di Kabupaten Sleman Propinsi DIY (Yogyakarta) saat ini ada sekitar l50 desa yang disiapkan menjadi desa wisata, itu wajar karena memang sejak lama Yogyakarta dikenal dengan kota budaya dan merupakan salah tujuan wisata di Indonesia. Bila agenda departemen pariwisata dengan dibentuknya desa wisata itu bisa berjalan dengan baik, maka visit Indonesian Year atau tahun kunjungan wisata Indonesia akan dibanjiri oleh turis mancanegara,”terang Arif, kedepan Jember berencana akan mengembangkan lebih banyak lagi desa wisata. (win)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna