Senin, Agustus 24, 2009

Garong Toko Digebuki Warga

Jemberpost.com
Ramadan bisa jadi ajang pembersihan diri juga jadi ajang mengumpulkan harta orang lain untuk lebaran bagi orang yang tak bertanggung jawab. Aksi pencurian specialis barang toko yang kerap beraksi di sejumlah tempat berhasil dibekukPelaku sempat digebuki warga ketika beraksi di sebuah toko di Kencong. Akibat penggeroyokan itu, pelaku mengalami babak belur diwajahnya.
Aksi brutal itu terjadi karena warga tak mampu menahan emosinya. Karena jengkel itulah pelampiasan tertuju kepada pelaku yang tertangkap. Untungnya petugas cepat datang dilokasi kejadian, seandainya telat datang akan menjadi cerita lain. Karena jumlah masa semakin banyak, dan dalam kondisi kalap terbawa luapan emosi. Saat itu juga, pelaku digelandang petugas ke Mapolres Jember untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.
Meski telah terjadi aksi anarkis, namun pelaku tak sampai mengalami luka parah. Hanya diwajahnya sedikit mengalami luka memar dan bengkak akibat bogem mentah yang dilayangkan warga. Pelaku itu bernama Hasan (23) warga Dusun Rowo Kulon Desa/Kecamatan Jatiroto- Lumajang dan Heri (42) warga Lingkungan Teko’an Desa Tanggul Kulon Kecamatan Tanggul.
Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 3 linggis, satu alat cukit dan sak karung plastik. Saat itu pelaku hendak menyantroni toko milik Bu Fani (35) warga Desa Kencong. Hanya saja, aksi itu berhasil dipergoki warga.
Saat itu, pelaku diteriaki maling dan langsung dikejar oleh warga. Dalam pengejaran itu pelaku berhasil ditangkap dan sempat menjadi bulan bulanan warga.”Kalau tidak ada petugas datang di TKP, pelaku akan mengalami luka parah. Tapi untungnya, ada petugas resmob yang tengah melintas,” kata Kasatreskrim Polres Jember, AKP Leonard M Sinambela, SH, SIk.
Berdasarkan pemeriksaan kata dia, tersangka ternyata merupakan target operasi (TO) petugas Polres lain. Karena berdasarkan catatan di polres lain, tersangka Heri terlibat aksi pencurian barang barang milik toko di sembilan TKP. ”Pokoknya tidak hanya beraksi di Jember saja. Tapi di polres lain malah banyak data yang menunjukan dia sebagai pelakunya,” terangnya.
Ditambahkan kasat, bahwa ketika beraksi di toko milik Bu Fani warga Desa Kencong, pelaku belum sempat mengusai barang yang diincarnya. Karena, aksinya tak berjalan mulus karena berhasil dipergoki warga. “Pelaku berusaha kabur, tapi kalah sigap warga. Saat itu juga tersangka berhasil ditangkap,” ulasnya.
Untuk kasus yang di Jember lanjut kasat, pihaknya akan mengembangkan beberapa laporan dari warga.”Kita berusaha mengembangkan kasus yang ada di Jember. Kemungkinan, dari laporan warga ada yang terkait aksi serupa yang juga dilakukan oleh tersangka,” imbuhnya. (sal)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna