Minggu, Agustus 09, 2009

72 Pemuda Siap Jadi Paskibra HUT RI ke 64



Jemberpost.com.
Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI sebagai momentum yang sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia, dalam rangka menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme di kalangan anak bangsa.Karena itu, dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 64 tahun ini, Kantor Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Jember, berusaha melakukan persiapan sejak dini. Diantara yang sudah dilakukan adalah, menyiapkan petugas yang akan mengibarkan bendera Merah Putih pada saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 64 dilangsungkan.
Ada 72 orang yang akan diberi tugas untuk mengibarkan bendera kebangsaan itu. Mereka yang terdiri atas anak-anak muda itu,. diharapkan tidak hanya akan bertindak sebagai petugas pengibar bendera Merah Putih, namun juga diharapkan akan tumbuh semangat kebangsaan di dalam dada mereka.
“Ini untuk membangkitkan kembali semangat generasi muda, betapa besarnya peran generasi muda dalam pembangunan negara kita. Seperti lahirnya Boedi Oetomo yang memotori adalah generasi muda, termasuk Sumpah Pemuda yang memotori juga pemuda. Lahirnya orde baru juga yang memotori pemuda, baik itu mahasiswa, pelajar, maupun pemuda umum,” ujar Drs Suparno, MM, Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Jember.
Persiapan pasukan pengibar bendera Merah Putih yang ditugaskan pada pelaksanaan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 64 di Jember ini, kata Suparno, dilakukannya melalui proses seleksi. Seleksi yang diikuti 361 siswa SLTA seluruh Kabupaten Jember, dilaksanakan lewat dua tahap untuk melihat posisi kaki, tinggi badan dan bentuk kaki.
Hasilnya, 72 orang siswa ditetapkan menjadi petugas pengibar bendera pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 64, tanggal 17 Agustus 2009 mendatang. “Kami juga lakukan pendidikan dan pelatihan di gedung Pramuka dalam rangka untuk memberikan materi pembekalan mental, materi tentang kebangsaan, menggugah mereka tentang nasionalisme, menyiapkan tentang mental sebelum 72 orang ini melakukan persiapan latihan,”tandasnya.
Usai dilaksanakan seleksi, ke 72 siswa yang terpilih sebagai petugas pengibar bendera itu, dilatih oleh TNI bersama Pol PP. Latihan yang berlangsung di Secaba ini kata Suparno, sudah berjalan sejak tanggal 3 hingga 10 Agustus, kita tempatkan di Secaba. “Latihan berikutnya dilaksanakan tanggal 11 s/d 14 di alun alun, karena pelaksanaan Paskibra HUT RI yang ke 64 itu di alun-alun lebih banyak menggenal di sana. Kami sportif membantu dan mengawasi,”jelasnya.
Pemilihan petugas pengibar bendera lanjut Suparno, sengaja dipilih dari kalangan muda, karena aturannya memang begitu. Mereka yang bertugas sebagai pengibar bendera merah putih harus pemuda, yang diantaranya siswa sekolah.
“Kita tahu bahwa peran pemuda sangat besar, karena layak dan pantas kalau pelaku pelaksana pengibar adalah generasi muda untuk menanamkan rasa nasionalisme mereka. Apalagi rasa nasionalisme sudah mulai berkurang bahkan sudah luntur,”ungkapnya.(sal)

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna