Rabu, Juni 10, 2009

Pemkab Jember Wujudkan Desa Lengkap

Jemberpost.com,
Kebutuhan tempat bermukim semakin meningkat, begitu pula kebutuhan dan jaminan kepastian hukum di bidang pertahanan. pemberian jaminan kepastian hukum dibidang pertahanan memerlukan tersedianya perangkat hukum tertulislengkap dan jelas, dengan pelaksanaan secara konsisten sesuai ketentuan – ketentuan yang berlaku.
Sebagaimana di sampaikan oleh Bupati Jember, MZA Djalal, ketika membuka Pembinaan Camat, Kades, Lurah se kabupaten Jember dalam rangka optimalisasi Kinerja menuju Desa Lengkap. di gedung PB Sudirman yang dihadiri oleh Kakanwil BPN Jawa Timur, Muspida Plus. Menurut Djalal bahwa.Optimalisasi kinerja menuju desa lengkap merupakan bagian dari program Pemkab Jember untuk memberikan kepastian hokum pada masyarakatnya. Yang nantinya diharapakanKabupaten Jember tidak hanya desa Klompangan saja yang menjadi desa lengkap, tapi akan di susul oleh desa-desa yang lain. Karena Kades rata rata masih cukup waktu untuk melaksanakan desa lengkap, paling tidak dimasa purna tugasnya sampai 6 tahun ke depan seluruh asset-aset kekayaan desa yang sering menjadi pemicu konflik antar warga ini bisa ditekan dengan adanya sertifikasi tanah-tanah kas desa nantinya., Ungkap Djalal.
Djalal juga meminta kepada seluruh camat, Kades dan Lurah agar langkah ini betul betul di jadikan rujukan di dalam pelaksanaan tugas tugas pembinaan, tugas pemerintahan maupun tugas pelayanan public kepada masyarakat khususnya yang barkaitan dengan masalah pertanahan .
Djalal juga meminta agar camat, Kades/Lurah, di rasakan oleh masyarakat mawsih banyak yang mempersulit proses pengurusan akte tanah, oleh karena itu, Djalal, menyampaikan segala pengurusan tanah yang ada di masyarakat diharapkan bisa dilayani sengan mudah, murah, dan cepat sesuai dengan aturan yang berlaku. Semua itu Djalal instruksikan dalam rangka membangun Kabupaten Jember yang taat hokum melalui semua ini akan membuat segala sesuatu yang ada di Kabupaten Jember akan menjadi lebih baik, ungkap Djalal.
Sementara itu, Kakanwil BPN Propinsi Jawa Timur ,H. Gede Ariyuda,SH. dengan adanya Sosialisasi Desa Lengkap ini, masyarakat bisa menghindarkan atau mengurangi segala permasalahan di pertanahan, dengan harapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bisa menumbuhkan sumber sumber ekonomi yang baru.
Memang, lanjut Gede, untuk jember ada karakteristik sendiri khususnya lahan lahan yang barkaitan PTPN banyak yang di kuasai oleh warga atau penduduk setempat, pada dasarnya permasalah tanah termasuk penguasaan tanah tersebut itu adalah urusan BPN.namun masih ada asset-asset yang masih belum tersertifikatkan atau sebaliknya
Kepala BPN Jember, Siswo Prajitno,SH.menyampaikan BPN Jember sangat mendukung Kades/Lurah bisa optimal. Dengan begitu, desa lengkap bisa terwujud. Dan, Kades/Lurah tidak perlu risau kehilangan pekerjaan.
Karena, lanjut Siswo, bahwa dengan desa lengkap justru memudahkan untuk menggontrol sertifikasi tanah itu.untuk itu perlu adanya kesinergisan Kades dengan BPN bersama-sama dengan masyarakat juga..
Kepala Desa Klompangan kecamatan Ajung, Moch.Sofyan, menyatakan rasa terima kasih dengan dipilihnya desa Klompangan menjadi desa lengkap ini menunjukkan tertib administrasi pertanahan didesa klompangan telah dilakukan oleh perangkat-perangkatnya, ungkap Sofyan. (sal)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna