Rabu, Juni 10, 2009

Manfaatkan Lahan Kering Sebagai Lahan Produktif

Jemberpost.com,
Dalam rangka melakukan penguatan pangan di masyarakat. TP PKK Kabupaten jember melakukan pemanfaatan pekarangan yang tidak digunakan Melalui gerakan pemanfataan pekarangan yang di lakukan oleh TP PKK kabupaten jember ini diharapkan bisa merangsang masyarakat untuk melakukan hal yang sama. Disampaikan oleh Bupati Jember, MZA Djalal, saat membuka gelar kebun karang gizi, di kelurahan Sempusari, kecamatan kaliwates bahwa pemanfaatan pekarangan terpadu dengan luas 1/4 Ha merupakan langkah terpadu bagi TP PKK untuk melakukan swasembada pangan, yang beragam, bergizi, berimbang, serta aman untuk konsumsi.
`Lebih lanjut, Djalal, mengungkapkan kebun karang gizi tersebut sebagai bentuk nyata gerakan PKK Kabupaten Jember utnuk memunculkan kreatifitas , inovasi, dengan pemanfaatan pekarangan terpadu ini,diharapkan bisa menjadi contoh bagi PKK yang lain, sehingga pada waktunya nanti kesejahteraan .masyarakat akan terangkat dengan sendirinya. Disamping karang gizi ini bisa dimanfaatkan untuk tempat rekreasi keluarga yang sehat, dan aman.
Dijelaskan pula, bahwa hal tersebut merupakan implementasi dari 10 program pokok PKK ini dapat di rasakan manfaatnya oleh semua masyarakat
Sementara itu Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Jember, Ny. Sri wahyuni Djalal, Pada bulan April 2009 Tim penggerak PKK telah menyelesaikan pembinaan 10 program pokok PKK di 31 kecamatan dan 248 desa/kelurahan. Dari hasil pembinaan tersebut Tim penggerak PKK mencoba melaksanakan aktualisasi 10 program pokok PKK dengan kegiatan salah satunya di bidang pangan.
Pokja 3 merupakan pelaksana penggelolaan kebun percontohan karang gizi. Dengan program karang gizi ini, diharapkan mampu memikat masyarakat yang masih banyak belum memanfaatkan lahan pekarangannya, lanjut Sri wahyuni.
Usaha pemanfaatan lahan secara terpadu.merupakan pemanfaatan lahan yang digunakan untuk tanaman varietas unggul, seperti padi, ketela pohon,disamping itu ada beberapa tanaman apotek hidup, juga sebagai lahan untuk pembudidayaan Ikan Gurami, lele dumbo, peternakan ayam arab
Oleh karena itu, lanjut Bu Djalal (sapaan akrab Sri Wahyuni), langkah kretif TP PKK ini Perlu mendaptkan dukungan semua pihak, tidak hanya sekedar pencontohan akan tetapi sekaligus sebagai salah tempat atau pusat pelatihan pemanfatan pekarangan terpadu secara utuh di kabupaten jember. Disampaikan juga agar masyarakat juga ikut serta berpartisipasi membantu dan menjaga pekarangan kebun karang gizi ini dengan sebaik baiknya sebagai akses pelatihan masyarakat yang akan bercocok tanam padi disini.
Hal senada juga disampaikan, Camat Kaliwates ,Drs. Sigit Akbari, pemanfaatan lahan ini merupakan langkah awal bagi TP PKK yang diprakarsai oleh para kader-kader PKK Kaliwates, sehingga diharapkan mayarakat bisa benar-benar memanfaatkan lahan karang gizi ini sebagai tempat paltihan nantinya. (sal)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna