Selasa, November 11, 2008

Jember Kehilangan 100 Penyuluh KB

Jemberpost.com
Kabupaten Jember kehilangan sedikitnya seratus petugas penyuluh keluarga berencana, atau sekitar 36 persen dari jumlah yang ada.Hal ini dikemukakan Kepala Badan Kependudukan dan Catatan Sipil Jember Hendroyono. Hilangnya sejumlah petugas tersebut merupakan konsekuensi dari perubahan struktur kelembagaan dan adanya petugas yang pensiun atau meninggal.

Padahal, penyuluh lapangan KB dan penyuluh KB (PLKB dan PLB) merupakan ujung tombak keberhasilan program keluarga berencana. Pasalnya, dalam tugasnya mereka dibekali pendidikan dan pelatihan khusus.

Kondisi ini semakin diperkuat dengan pasca otonomi daerah, para penyuluh lapangan berstatus sarjana dialihkan oleh pemerintah daerah untuk pembangunan sektor lain, sehingga terjadi kekurangan tenaga PLKB/PKB.

"Agar program KB dapat berhasil, perlu dilakukannya advokasi ke berbagai pihak tentang peran pentingnya PLKB/PKB untuk keberlangsungan program KB di daerah," katanya.

"Disamping itu, juga perlu adanya advokasi untuk menambah tenaga PLKB/PKB dari staf instansi lain, mengupayakan dukungan dana operasional APBN dan APBD dan mengupayakan orientasi/refreshing bagi PLKB/PKB yang lama", tukasnya. [BJ]


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna