Selasa, September 23, 2008

Polres Siap Amankan Lebaran


Jemberpost.com,
Jajaran Polres Jember, Selasa (23/9) tadi siang menggelar Apel Pengamanan Operasi Ketupat 2008 sebagai bentuk pelayanan lebaran. Apel tersebut diikuti seluruh Korps Kesatuan yang ada di tubuh Polres Jember, anggota TNI, petugas pemadam kebakaran, Satpol PP dan Bakesbang Linmas Jember, anggota Orari dan Pramuka serta unsur pengamanan swakarsa.
Dalam apel tersebut Kapolres Jember AKBP Ibnu Isticha bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan tertulis Kapolri Jenderal Pol. Drs. Sutanto. Dalam sambutan tersebut menurut Kapolri Gelar Pasukan ini adalah untuk menyamakan tindakan bagi aparat dalam rangka pelayanan dan pengamanan menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1429 H tahun ini.
Dijelaskan oleh Kapolri bahwa kegiatan pengamanan ini akan dilaksanakan secara terpadu di seluruh Indonesia dibawah Operasi Kendali Kepolisian Pusat yang diberi sandi Operasi Ketupat 2008, dan berlangsung selama 16 hari, yakni H -7 dan H + 7 serta pada hari H. "Tujuan agar kegiatan perayaan Hari Raya Idul Fitri dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar, "kata Ibnu Isticha saat membacakan sambutan Kapolri.
Ditegaskan oleh Kapolri, operasi ini pada hakekatnya menitik beratkan pada operasi kemanusian dengan mengedepankan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat, termasuk pengamanan kegiatan-kegiatan masyarakat, aset-aset negara dan obyek-obyek vital lainnya, tempat-tempat hiburan yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. "Pengamanan di tempat hiburan dan pusat perbelanjaan juga. Ini dilakukan tiap tahun sebagai upaya untuk meminimalisir kecelakaan, "ujarnya.
Kapolri mengharapkan kepada jajarannya, untuk melakukan tindakan secara bijaksana terhadap masyarakat. Namun, harus tetap menindak secara tegas jika terjadi pelanggaran, "Harapannya masyarakat benar-benar merasa aman dan tenteram dalam menjalankan ibadah dan merayakan Idul Fitri 1429 H, "tegasnya.
Apel Pengamanan ditandai dengan pemeriksaan pasukan oleh Inspektur Upacara yang didampingi oleh Wakil Bupati Jember Kusen Andalas, Dandim 0824 Jember, Letkol Inf. Dedy Agus P., dan Ketua Pengadilan Negeri Jember, serta dilakukan penyematan pita putih biru dipundak anggota TNI AD, Anggota Satlantas dan Anggota Dinas Perhubungan Kabupaten Jember. “Apel tersebut diadakan guna meningkatkan kewaspadaan Kepolisian dalam situasi arus mudik dan arus balik lebaran 2008 nanti, “ujarnya.
Sementara itu AKP. Rodig S. melaporkan bahwa Polres Jember dengan segenap kekuatannya bersama dengan instansi terkait dan potensi masyarakat yang ada melaksanakan operasi kepolisian terpusat pada pengamanan perayaan hari raya idul fitri 1429 H, dengan sandi ketupat 2008 diwilayah Polres Jember. “Operasi ini dilaksanakan dari tanggal 23 September hingga 8 Oktober 2008, pukul 00.00 WIB dan dilaksanakan selama 16 hari, “jelasnya.
Masih menurut Kasat Samapta selaku Kasub. Satgas pengamanan AKP. Rodig S, operasi kali ini dengan mengedepankan kegiatan pencegahan yang didukung oleh inteligen dan penegakan hukum guna menjamin keamanan seluruh masyarakat di Kabupaten Jember dalam rangka merayakan idul fitri 1429 H meliputi kegiatan ibadah, mobilitas angkutan manusia dan barang serta kegiatan lainnya dipusat keramaian masyarakat. “Dengan adanya operasi kali agar menjamin keamanan dan keselamatan seluruh masyarakat dalam merayakan hari raya idul fitri, baik di terminal, bandara, pusat perbelanjaan, pertokoan, keramaian masyarakat dan tempat rekreasi, “ungkapnya.
Sedangkan sasaran operasi ditujukan kepada masyarakat yang melaksanakan mudik dan balik serta yang akan melaksanakan ibadah sholat idul fitri 1429 H, para pengendara roda dua dan empat, penumpang, jalur dan preman. “Cara bertindak dalam operasi ini berupa penyelidikan dan penggalangan terhadap faktor yang dapat mempengaruhi gangguan kamtibmas menjelang, saat dan setelah hari raya idul fitri, “tegasnya.
Selain itu melakukan pengamanan terbuka dan tertutup guna menjamin rasa aman masyarakat ditempat ibadah, pemukiman, tempat perbelanjaan dan tempat rekreasi. “Dalam operasi ini sebanyak 1.225 personil terdiri dari 928 personil Polri, 120 personil TNI, 177 personil instansi terkait yang akan ikut memperkuat kegiatan ini, “ujarnya. (sal/tot)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna