Sabtu, September 27, 2008

Kampus Sepi, Pusat Kota Macet

Jemberpost.com - Seputaran kampus yang biasanya amat padat kini mulai lengang karena sebagian besar mahasiswa sudah mudik, Sementara itu, arus lalu lintas di pusat kota Jember macetWilayah kampus adalah pusat lokasi sejumlah perguruan tinggi. Terbesar adalah Universitas Jember yang memiliki sekitar 25 ribu orang mahasiswa. Perguruan tinggi lainnya adalah Universitas Muhammadiyah, IKIP PGRI, Sekolah Tinggi Ekonomi Mandala, Politeknik Negeri Jember.

Hari-hari biasa, wilayah kampus, terutama di jalan Jawa, Kalimantan, dan Karimata tidak pernah sepi dari mahasiswa. Bahkan sepanjang bulan puasa, setiap sore kepadatan lalu lintas bertambah, karena banyak pedagang minuman dan jajanan dadakan di tepi jalan.

Para mahasiswa ini juga ngabuburit alias menanti berbuka puasa dengan memainkan musik live alias main band di tepi jalan. Ada beberapa titik musik live di tepi jalan yang menarik perhatian publik.

Namun saat ini kemacetan sudah tak tampak lagi. Frekuensi lalu lalang pengemudi sepeda motor menurun. Rombongan pemudik berangkat hari ini, karena kuliah sudah berakhir dan memasuki masa liburan panjang.

Suasana sebaliknya terjadi di segitiga emas, pusat kota Jember. Kemacetan mulai terjadi di jalan Ahmad Yani, Trunojoyo, Diponegoro, dan Sultan Agung. Kemacetan diakibatkan banyaknya warga yang memarkir kendaraan di tepi jalan untuk berbelanja. Mereka tak henti-hentinya menyeberang dari toko satu ke toko lainnya. Terberat kemacetan terjadi di daerah pertokoan NICO, bahkan petugas kepolisian sampai harus membuang kemdaraan kearah Gebang. [sal/BJ]


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna