Jumat, Agustus 29, 2008

Jember City Carnaval Tutup Rangkaian BBJ


Jemberpost.com,
Separoh Double Way mulai Jl. Gajah Mada s/d Sultan Agung, Sabtu (30/8) sore akan ditutup untuk sementara, terkait adanya acara Jember City Carnaval 2 (JCC-2). Kegiatan untuk yang kedua kalinya itu sebagai ajang unjuk kreativitas dalam berkreasi mempertontonkan kebolehannya mengemas berbagai atraksi kepada penonton dan masyarakat. “Bagi masyarakat diminta untuk mencari jalur alternatif, sehingga tidak terganggu dalam perjalanannya, “ujar humas BBJ agustus 2008 dalam rapat persiapan JCC 2 di Jember.
Pengendara dan pengguna jalan yang tidak ingin menyaksikan karnaval disarankan menghindari kawasan sesuai petunjuk petugas dilapangan mulai pukul 17.00 WIB. Sebanyak 23 barisan karnaval dan 2 motor gede serta trail sebagai barisan kehormatan akan melintas di jalan sepanjang 3,5 km. Barisan karnaval itu terdiri dari marching band, mobil hias dan atraksi kesenian akan menampilkan kebolehannya didepan para penonton. “Ada juga pertunjukan marching band dari PT Semen Gresik, “Demikian diungkapkan humas BBJ Agustus 2008 kemarin.
Lebih lanjut, Panitia JCC 2 minta kepada kendaraan penjemput setelah mengantarkan dilokasi start (depan GOR PKPSO) jember pada pukul 17.00 WIB untuk selanjutnya menuju jalan Wijaya kusuma (komplek pertokoan stasiun Kereta Api) untuk tempat menjemput peserta yang telah masuk finish di jalan Sudarman depan Pemkab Jember. “Selama dalam perjalanannya mulai dari GOR-PKPSO menuju finish, peserta diijinkan dan diperbolehkan melakukan atraksi didepan penontong umum, “jelasnya.
Menurut Giat Tarigan Humas Infokom, tahun ini ada peningkatan peserta karnaval dari tahun ke tahun, baik dari jumlah peserta maupun kualitasnya. Tahun lalu, kegiatan itu sebagian besar diikuti warga di Jember. Kini pesertanya ada yang datang dari Bali, Ponorogo, Papua, Banyuwangi dan daerah sekitarnya. “Bagi para pengunjung yang diperkirakan mencapai puluhan ribu orang itu tidak perlu khawatir karena masyarakat dapat menyaksikan karnaval tersebut disepanjang jalan tentunya dengan tertib, “harapnya.
Sudah menjadi kelaziman, setiap acara Bulan Berkunjung Ke Jember (BBJ) pada bulan Agustus, beragam acara ditampilkan. "Karena konsepnya karnaval, maka kami akan menghadirkan beragam acara dan jenis kesenian. “Mulai dari wayang orang, musik patrol, gandrung tradisional dan kesenian barongsai serta liang liong, wushu dan tarian tionghoa. Pokoknya nggak akan ada jeda. Selain itu, juga ada pesta kembang api dan dentuman meriam di alun-alun Jember, "paparnya.
Bagi instansi/perusahaan/masyarakat yang ingin menyediakan tenda untuk karyawan dan masyarakat diminta dapat mendirikan tenda tersebut mulai dari depan Radio Mutiara FM hingga Apotik Bima I di jalan Gajah Mada, sebab mulai pertokoan jompo hingga masjid jami’ merupakan tempat konsentrasi massa.
Selain acara di depan Pendopo Kabupaten Jember, karnaval jalan kaki sepanjang Jalan Gajah Mada sampai alun-alun Jember. Jalan kaki itu akan diikuti oleh pejalan kaki enggrang, marawis, ondel-ondel, tanjidor, pencak silat, penari Bali, dan gandrung Banyuwangi. “Selain itu, di sepanjang Jalan Gajah Mada, Sultan Agung hingga Sudarman, akan diawali karnaval motor gede jenis Harley Davidson (HD), motor trail dan mobil hias, “pungkasnya. (sal/tot)

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna