Sabtu, Agustus 16, 2008

Dinkes Jember Beri Pelayanan Kesehatan Gratis


Jemberpost.com,
Dalam bulan Agustus 2008 ini, selain masyarakat Kabupaten Jember diberikan berbagai sajian hiburan dan prestasi olahraga dalam memperingati HUT ke-63 RI dan Bulan Berkunjung Ke Jember II (BBJ II) Agustus 2008, jajaran Dinas Kesehatan Jember juga turut ambil bagian dalam membantu masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma (gratis).Dinas Kesehatan Kabupaten Jember nantinya akan bekerjasama dengan berbagai rumah sakit, baik rumah sakit negeri maupun swasta di Kabupaten Jember menggelar pelayanan pengobatan gratis selama satu hari yaitu tanggal 16 Agustus 2008 dimulai jam 08.00 WIB s/d 13.00 WIB.
Pengobatan gratis ini diberikan di semua poliklinik yang ada diberbagai rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Jember. "Tidak ada biaya untuk pemeriksaan maupun penindakan, ini semata-mata untuk memperingati HUT RI ke-63 dan pelaksanaan Bulan Berkunjung Ke Jember II (BBJ II) Agustus 2008," kata Yumarlis, Humas Dinas Kesehatan saat dihubungi melalui telepon, Jum’at siang (15/8) kemarin.
Menurut Yumarlis, pemberian pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat ini tetap berpedoman kepada standar pelayanan kesehatan mulai dari pemeriksaan, penindakan dan lainnya, selain dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan dan BBJ Agustus 2008, pelayanan gratis juga bertujuan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, sehingga warga masyarakat Kabupaten Jember bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan gratis. “Kegiatan ini semata-semata untuk membantu masyarakat, agar mereka tidak mengeluarkan biaya untuk berobat, namun pengobatan gratis ini hanya menangani pasien yang rawat jalan saja, “tegasnya.
Lebih lanjut Yumarlis mengatakan, pengobatan gratis ini akan mengakomodir seluruh masyarakat Jember. “Kami telah mengkordinasikan dengan semua rumah sakit untuk melaksanakan pelayanan kesehatan secara gratis kepada warga masyarakat, dan hal itu kami lakukan agar warga masyarakat dapat merasakan program pemerintah ini,” kata Yumarlis.
Meski diberbagai rumah sakit di Kabupaten Jember memberikan pelayanan pengobatan gratis kepada masyarakat, pelayanan kesehatan di Puskesmas juga ditingkatkan dan dioptimalkan mengingat Puskesmas merupakan lini terbawah penanganan kesehatan dari masyarakat. “Dan bila masih diperlukan rujukan, maka Puskesmas akan memberikannya untuk berobat lanjutan dirumah sakit, “kata Yumarlis
Pelayanan kesehatan gratis yang diprogramkan ini seyogyanya benar-benar dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat, sehingga paling tidak program ini dapat membantu kebutuhan akan kesehatan bagi masyarakat Jember. (sal/tot)



Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna