Sabtu, Agustus 16, 2008

Paskibraka 2008 Jember Dikukuhkan


Jemberpost.com,
Bupati Jember, MZA Djalal, di Aula PB Sudirman Jember, mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2008 yang beranggotakan 70 orang dari 31 Kecamatan di Kabupaten Jember. Mereka akan bertugas mengibarkan bendera pusaka pada 17 Agustus 2008, di Alun-alun Kabupaten Jember. Pengukuhan Paskibraka ini ditandai dengan penyematan lencana dan pemasangan kendit secara simbolis kepada salah seorang anggota Paskibraka.
Dalam arahannya usai pengukuhan, Bupati Djalal mengatakan sebagai anggota Paskibraka yang terpilih tentunya bangga, karena mendapatkan kehormatan dan kepercayaan yang begitu tinggi untuk mengemban tugas yang lebih mulia pada hari bersejarah 17 Agustus 2008. “Pertanggung-jawabkan kepercayaan dan kehormatan itu, dan laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, “kata Djalal.
Karena itu, menurut Djalal, tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk mengemban misi ini. "Jadikan apa yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus nanti sebagai tonggak penting, tonggak bersejarah dalam melangkah kedepan mempersiapkan diri untuk menjadi putra-putri terbaik bangsa, “ujarnya.
“Persiapkan diri kalian sebaik-baiknya, jaga persatuan, kebersamaan, kerukunan dan kekompakan antara sesama anggota lainnya. Sebab para pendahulu kita telah meletakkan pilar-pilar kehidupan bernegara yang menjadi penopang dan sumber pembangunan kemajuan bangsa yaitu, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, “tandas Djalal.
Bupati Djalal mengharapkan, peristiwa dikukuhkan Paskibraka Tingkat Kabupaten Jember, hendaknya dijadikan momentum yang bersejarah dan bermakna, khususnya bagi segenap Anggota Paskibraka. Hal tersebut didasarkan pada pemikiran bahwa tidak semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi Anggota Paskibraka, berbagai latihan, disiplin, keterampilan, wawasan kebangsaan dan kesempatan yang diperoleh, merupakan hal yang amat penting dalam membentuk karakter, identitas dan integritas pribadi, dengan menjadi Anggota Paskibraka, diberi tanggung-jawab yang cukup berat, serta menjadi pembelajaran penting dalam menyongsong masa depan.
Dengan menjadi Anggota Paskibraka, “Dharma Mulia Putra Indonesia” yang menjadi pedoman dalam pola pikir dan perilaku, tanpa disadari akan dijadikan tolok ukur oleh masyarakat, khususnya oleh para remaja dan pelajar.
Berkenaan dengan hal tersebut, sebagai ummat yang ber-iman, segenap Anggota Paskibraka seyogyanya senantiasa mengedepankan sikap syukur dan sabar. Syukur atas kesempatan yang telah dikaruniakan Allah SWT, serta sabar dalam menjalankan tugas berat yang dipukulkan. “Dengan senantiasa mengedepankan sikap syukur dan sabar, dalam meraih kesuksesan di berbagai bidang kehidupan, akan diberi dan dilapangkan jalan oleh Allah SWT, “kata Djalal.
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, Ahmad Sudiyono mengatakan bahwa anggota Paskibra yang akan dikukuhkan sebanyak 70 orang. Mereka adalah para siswa yang terpilih dari berbagai sekolah di Jember. “Selain itu, segenap Anggota Paskibraka merupakan para siswa pilihan diantara ribuan siswa di Kabupaten Jember, setelah melalui serangkaian seleksi yang cukup ketat, “ujarnya.
Pengukuhan yang penuh khidmat ini juga turut dihadiri Wakil Bupati Jember Kuesen Andalas, Wakil Ketua DPRD Jember, M. Asir, jajaran TNI dan Kepolisian serta para Kepala Instansi, Ketua Organisasi Wanita dan Pemuda, Pembina dan Pelatih Paskibraka, serta undangan lainnya. (sal/tot)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna