Rabu, September 02, 2009

Jember Memang Layak Jadi 9 Daerah Bintang


Jemberpost.com
Bagi daerah yang mampu melaksanakan nafas otonomi daerah secara sempurna berbagai inovasi memberikan semangat otonomi daerah seperti Kabupaten Jember yang didapuk menjadi salah satu 9 Daerah Bintang,ternyata menggugah para pengamat dari kalangan akademisi untuk memberikan komentar.
Didasari improvisasi dan sentuhan tangan dingin dari penguasa daerah yang sangat bersahaja memiliki komitmen kuat untuk memajukan pemerintahan otonomi daerah yang dapat memberikan solusi terbaik dan pelayanan dasar bagi peningkatan perekonomian dan pelayanan kemasyarakatan secara utuh yang didukung penuh oleh kinerja para birokrat yang cekatan, akuntabilitas dan memiliki visioner membangun Jember secara paripurna menuju kemakmuran.
Menurut Prof Dr HM Shaleh, MSc, Kabupaten Jember sebenarnya banyak lompatan yang telah diraih dalam dekade terakhir ini lewat kepemimpinan Bupati MZA Djalal. “Sebenarnya tidak hanya UMKM yang digawangi Dinas Koperasi dan Penanaman Modal saja, melainkan juga Penataan PKL kategori cukup berhasil bilamana dibandingkan kota lain,”cetusnya.
Oleh karenanya banyak hal yang telah dicapai dan telah dijalankan atas kebijakan seorang penguasa daerah atau seorang bupati yaitu MZA Djalal menghantarkan bumi kota daun tembakau ke puncak prestasi di pentas nasional. Sehingga tak heran gaung kabupaten Jember baik dari sisi UMMK, Koperasi, Pendidikan, Pembangunan infra struktur desa dan kota serta sumber daya insani sangat luar biasa sebagai suatu bentuk loncatan ke depan sehingga mampu melahirkan kreasia baru sekaligus karya besar yang disebut dengan Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ) yang akhirnya kabupaten Jember semakin di kenali oleh masyarakat dunia Internasional.
Lebih lanjut pengamat ekonomi dari Universitas Jember Prof. Dr HM Shaleh MSc mengatakan dengan ditetapkan kabupaten Jember menajdi 9 daerah bintang yang mampu melaksanakan otonomi daerah yang penuh dengan inovasi adalah suatu prestasi positif untuk masyarakat Jember khususnya.
Tentu saja keberhasilan itu tidak lepas adanya tekad dan kemauan keras seorang Bupati MZA Djalal untuk melaksanakan seluruh program pembangunan perekonomian, infra struktur dan SDM Jember dengan sepenuh hati. Oleh karenanya dengan mensejajarkan diri kabupaten Jember pada deretan 9 bintang otonomi daerah dari 491 kabupaten se-Indonesia tidak lepas dari beberapa indikator yang di nilai cukup berhasil dan ada beberapa segment yang dipandang sangat layak dapat bintang 9, tandasnya.
Dari kondisi ini mengindikaikan bahwa kepentingan seluruh lapisan masyarakat terlindungi yang tidak hanya ekonomi lemah atau PKL saja tetapi masyakat secara umum juga memperoleh komposisi yang sama. selain itu kondisi kota Jember dan kota pendukung lainnya (kecamatan satelit) sudah nampak rapi bahkan jalur-jalur di kota Jember sudah tidak semrawut lagi dan masyarakat semakin nyaman berjalan kaki.
Sementara itu untuk keberadaan UMKM khususnya Bank Gakin sangat baik sebagai solusi pemecahan perekonomian kerayakyatan yang perlu dipertahankan. Hanya saja baik dari pelaku-pelaku UMKM agar dibenahi yang lebih mengarah kepada kemajuan Jember ke depan. Dengan begitu masyarakat ekonomi lemah tidak lagi terjerat oleh rentenir dengan bunga tinggi yang dapat menyengsarakan rakyat, tuturnya.(sal)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna