Selasa, Agustus 11, 2009

Kadinkes: Flu Babi Tidak Berbahaya


Jemberpost.com
Pernyataan mengejutkan sekaligus membuat tenang ini meluncur dari Dr.Olong fadjri Maulana Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Menurut Dr.Olong keberadaan flu baru atau yang familier disebut Flu Babi ini tidak perlu ditakutkan karena angka kematian akibat kasus tersebut sangat rendah.

Dijelaskan bahwa dibanding Flu burung tingkat kematian Flu babi hanya 0,5 persen artinya jika ada 1000 pasien Flu burung maka kemungkinan meninggal mencapai 700 hingga 800 pasien. Dan jika demam berdarah ada 1000 pasien kemungkinan meninggal sekitar 10 orang dan Flu babi jika terdapat 1000 pasien kemungkinan meninggal sekitar 5 orang.

“Artinya lebih berbahaya Demam berdarah daripada Flu Baru (flu babi-red)”Ujar Kadinkes. Pernyataan ini melansir dari pernyataan resmi Menteri Kesehatan menanggapi banyaknya ketakutan akan bahaya Flu babi.
"Meski demikian masyarakat tetap harus mewaspadai kemungkinan terjangkiti flu baru ini, paling tidak masyarakat harus tetap melakukan kebiasaan pola hidup bersih," tukasnya.

Menurut Olong virus flu baru gampang menular ke siapapun mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, seperti dari dahak, bersin ataupun benda-benda yang sudah terkontaminasi dengan virus tersebut seperti piring, sendok, gelas, handuk, sabun, maupun sikat gigi yang dipakai oleh penderita flu babi ini. "Jika itu bisa dihindari maka resiko tertular sangat kecil," imbuhnya pada jemberpost.com sore tadi di ruang kerjanya.

Adanya perkembangan baru genetik maka penularan flu babi ini bisa melalui manusia bukan lagi binatang, flu babi yang awalnya disebut mexican strain dan kini di sebut flu baru. Dengan penyebaran melalui manusia ini paling tidak membuka peluang setiap orang bisa terkena flu baru, karenanya apabila salah satu anggota keluarga terjangkiti flu babi ini hendaknya secepatnya dibawa ke rumah sakit ataupun puskesmas.

Apabila masih penderita flu babi terpaksa dirawat di rumah karena kadarnya penyakitnya masih belum parah, Olong menghimbau penderita hendaknya di isolasi dalam kamar tersendiri sehingga tidak menular ke anggota keluarga yang lain.
Dan untuk penderita Flu biasa apabila telah mencapai 3 hari sebaiknya segera ke petugas kesehatan, baik itu di puskesmas atau ke Dokter dan sebaiknya mengisolasui dirinya hingga sembuh. (sal)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna