Kamis, Mei 14, 2009

Petani Protes Sengonisasi

Jemberpost.com – Sejumlah kelompok tani di kecamatan Patrang memprotes keras kepada pemilik lahan persawahan yang disewakan kepada pihak ketiga untuk ditanami sengon.
"Kami minta kepada Dinas Pertanian untuk melindungi petani, jangan sampai dibiarkan sawah-sawah itu ditanami sengon, Karena sangat merugikan tetangganya,” ujar salah satu ketua kelompok tani dari kelurahan Slawu, Hendayani, pada dialog temu lapang di kelurahan Slawu, siang ini.

Menurut Hendayani, akibat penanaman sengon dilahan persawahan maka, hasil produksi tanaman padi disekitar areal sengon menjadi jelek. Hal senada juga dilontarkan, H. Hasbullah, petani Jumerto.

Menurutnya, sinar matahri tidak bias masuk kea real persawahan yang ditanami padi karena terhalang oleh sengon. Dan kondisi seperti itu berjalan bertahun-tahun hingga sengon ditebang.

"Petani sekitar harus menanggung kerugian selama bertahun-tahun,” ujarnya. Menurutnya dan sejumlah kelompok tani lain, petani tidak bakal keberatan jika tanaman sengon dilakukan diladang atau lahan kritis lain.

Ditambahkannya jika lahan kritis atau diladang tidak ada masalah dan mempersilahkannya saja, tetapi kalu dipersawahan kami sangat kecewa dan dirugikan.

Menanggapi berbagai protes tersebut, Kepala DInas Pertanian Tanaman Pangan Jember, Ir. Harry Widjayadi, yang sengaja hadir dalam acara tersebut langsung merespon dengan cepat.

Harry meredam emosi petani dengan memintanya untuk lebih bersabar. Selain itu Harry juga minta pada pihak kecamatan untuk menagtur soal penanaman tersebut sehingga tidak mengurangi keuntungan petani.

"Alhamdulillah tadi pak Sekcam Patrang sudah menyerap semua aspirasi tersebut, dan rencananya bakal disampaikan ke Camat untuk ditindaklanjuti," ujarnya.

Sementara Sekcam Patrang, A. Rachman, belum bisa memberikan keterangan pasti. Pihaknya masih melakukan pendataan dimana saja tanaman sengon yang dimaksudkan warga tersebut. Baru setelah itu bakal mengambil kebijakan yang tidak merugikan salah satu pihak. [sal/bj]

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna