Senin, Mei 18, 2009

LSM Tuding Wabup Jember Jadi Makelar Proyek

Jemberpost.com – Wakil Bupati (Wabup) Jember, Kusen Andalas, disorot banyak pihak, terkait dugaan minta jatah paket proyek di unit kerja di jajaran Pemkab Jember.
Sejumlah sumber yang tidak mau disebut identitasnya menegaskan bahwa Kusen, selama menjabat Wabup Jember, cukup meresahkan. Pasalnya hampir semua unit kerja dimintai jatah paket proyek yang nilainya tidak sedikit.

Alhasil proses pengadaan barang dan jasa dibeberapa unit kerja lingkungan pemkab Jember berjalan tidak semestinya. “Seperti saat ini, beberapa unit kerja sedang membuka pendaftaran pengadaan barang dan jasa untuk tahun anggaran 2009, ini pasti banyak surat sakti berkeliaran,” ungkap salah satu panitia lelang.

Beberapa rekanan yang namanya enggan dikorankan membenarkan kabar tak sedap itu. “Benar, pak Kusen telah meminta sejumlah paket proyek,” tegasnya. Modusnya, Kusen, selain dikabarkan langsung menelepon panitia lelang, juga mengirimkan orang-orangnya sambil membawa surat sakti untuk menemui panitia lelang atau kepala unit kerja,” tambahnya.

Karena itu, beberapa kepala unit kerja dan panitia lelang mengaku tak bisa berbuat apa-apa. “Tak ada pilihan, kecuali memenuhi permintaannya, daripada dipindah mas,” tegas seorang panitia lelang yang dikenal dekat dengan wartawan itu.

Perilaku rakus itu ditanggapi sinis ketua LSM Abdi Masyarakat, Husni Thamrin SH. “Memang begini kalau seorang wakil bupati tak tahu apa tupoksinya, atau jangan-jangan, makelar proyek memang menjadi salah satu tupoksi pasangan bupati saat ini,” ujarnya.

Menurut Husni, laporan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang kerapkali menemukan kekurangan volume atau tak sesuai dengan spesifikasi teknis atas berbagai proyek disinyalir akibat dari perilaku tidak profesional itu.

Sementara itu Wabup Kusen Andalas, ketika dikonfirmasi wartawan menyangkal keras kabar miring itu. “Siapa bilang saya tukang minta-minta proyek, sebutkan siapa yang bilang,” sangkalnya dengan nada tinggi.

Kusen minta wartawan menyebutkan siapa saja Kepala Unit kerja dan panitia lelang yang berbicara tersebut. “Buktikan saja, siapa pejabat yang bilang itu, suruh


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna