Jumat, Mei 15, 2009

Hidupkan Kembali Pamswakarsa di Masyarakat

Jemberpost.com,
Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat ( Bakesbangpol & Linmas ) dalam waktu dekatnya ini akan mengadakan lomba siskamling, sebagai bentuk awal untuk membudayakan Pamswakarsa di masyarakatPentingnya menjaga keamanan lingkungan masing masing di perlukan partisipasi masyarakat agar ikut peduli menjaga keamanan lingkunganya .

Kepala Bakesbang & Linmas Kab Jember. Drs. Sudjak Hidayat Msi, saat mengadakan rapat Koordinasi dengan Kasi Trantib Pol PP kecamatan, Bagian Pemerintahan Desa, Polres Jember, Kodim 0824 di Aula Bakesbang & Linmas mengatakan bahwa dengan adanya Lomba Siskamling ini bertujuan untuk menyamakan persepsi masyarakat sehingga masyarakat akan lebih sadar akan keamanan dilingkungannya. Juga diharapkan, lanjut Sudjak, agar betul betul memicu masyarakat untuk lebih sadar tentang keamanan lingkungannya utamanya menghadapi Pilpres yang di predeksikan suhu kerawanan akan naik. Oleh karena itu, dengan siskamling yang di galakkan oleh masyarakat dilingkungannya masing-masing mampu mengurangi tingkat kerawanan itu.

Lomba ini di bagi menjadi 2 tahap yaitu tahap pertama kita lakukan pada minggu ketiga bulan Mei 2009 dan sampai awal bulan juni, dengan kreteria yang akan dinilai.melalui Sidak di setiap pos kamling yang mengikuti lomba tersebut. Untuk penilaian akan diserakan pada pihakl Polres Jember, Kodim 0824. Kaitannya dengan penugasan anggota Satpol PP yaitu meliputi tingkat pelaporan,.sedangkan dari pemerintahan Desa dan Bakesbang Linmas terkait dengan rutinitas pos Kamling atau hanya saat lomba saja pos kamling digunakan untuk pamswakarsa.

Selanjutnya berkaitan dengan anggota Linmas sebagai pengayom keamanan didalam masyarakat ini, sudjak berharap kepada para Kepala wilayah Lurah, Kades agar linmas kembali dihidupkan kembali, mengingat Linmas/Hansip merupakan ujung tombak keamanan yang ada ditengah-tengah masyarakat dengan berperan aktif dalam rangka menggalang kembali pamswakarsa yang mulai luntur dimasyarakat. Kita lanjut, sudjak, tidak bisa hanya mengandalkan petugas dari kepolisian untukk menjaga keamanan, akan tetapi masyarkatlah yang menstinya bertanggung jawab penuh pada keamanan di lingkungannya. (sal)


Poskan Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna