Kamis, Mei 21, 2009

Hebaat… Omzet Koperasi Jember Rp 263,5 Miliar

Jemberpost - Omzet koperasi di Jember mencapai Rp 263,5 miliar. Nilai tersebut setara dengan 2,67 persen dari Produk Domestik Regional Bruto semester kedua tahun 2008.Persentase sumbangan sektor koperasi lebih baik daripada sektor pertambangan dan penggalian yang sekitar 1,40 persen. Namun omzet sebesar itu masih belum maksimal.

"Itu omzet dari 283 unit koperasi yang telah melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) tahun lalu, dan melaporkannya kepada kami. Masih ada yang melaksanakan RAT namun tidak melaporkan, atau belum melaksanakan RAT," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Jember, Mirfano.

Dari sisi penyerapan tenaga kerja, ratusan koperasi yang telah melaksanakan RAT tahun 2008 itu cukup bagus. Tercatat, koperasi-koperasi ini mempekerjakan 3.924 orang karyawan.

Dibandingkan tahun 2007, angka omzet dan daya serap tenaga kerja kurang lebih 10 persen lebih bagus. "Ini menunjukkan krisis global tidak terlalu signifikan mempengaruhi performa koperasi," kata Mirfano.

Dengan daya serap tenaga kerja, sektor koperasi boleh dibilang 'mengalahkan' program Jember Job Market Fair tahun 2008. Tahun lalu JMF menyerap 2.750 orang pencari kerja.

Namun, Dinkop Jember masih patut prihatin. Kendati omzet koperasi mencapai ratusan miliar rupiah, namun jumlah koperasi yang 'tidur' ternyata lebih besar, yakni 511 unit. Mereka tidak bisa dibubarkan, karena Dinkop kesulitan menemukan pengurus maupun anggota organisasi koperasi itu.[bj/sal]


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna