Senin, April 27, 2009

Hari Ini 26 ribu siswa SMP Ikut UNAS

Jemberpost.com,
Sejumlah 26.877 ribu siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), MTs atau yang sederajat baik negeri maupun swasta di Jember hari ini, Senin (27/4), serempak mengikuti Ujian Nasional (Unas). Kabid SMP, SMA Dinas Pendidikan JemberI Wayan Wesa Atmadja, mengaku yakin tingkat kelulusan siswa di Jember bakal tinggi. Karena menurut Wayan menjelang Unas pihaknya bersama seluruh sekolah yang ada sudah menguji kemampuan siswa didiknya dengan berbagai macam try out. “Dan kami optimis maka tahun ini tingkat kelulusan anak-anak lebih tinggi dari tahun lalu, ” tegasnya. Meski nilai kelulusan siswa ada peningkatan dari rata-rata 5,2, tahun ini menjadi 5,5.
Hal senada juga disampaikan sejumlah Kepala Sekolah SMP di Jember. Seperti Syaiful, Kepala Sekolah SMPN 7 Jember, mengaku sudah optimal membekali siswanya. Try out sudah berulangkali diberikan tambahan mata pelajaran juga sudah diberikan di sekolahnya. “Bahkan secara agama, anak-anak juga sudah mengikuti beberapa do’a bersama dan istighosah, baik ditingkat sekolah maupun Kabupaten, itu dari sisi persiapan kami yakin sudah optimal, tinggal tunggu saja hasilnya, ”tuturnya.
Melihat hasil ujian tahun lalu, ada 1.167 siswa dari 25.117 siswa tingkat SMP sederajat, dinyatakan tidak lulus UNAS atau mencapai 4,6 persen. Dengan siswa absen mencapai 371 siswa. Sehingga angka kelulusan yang diraih sebesar 95,4 persen. Untuk tahun ini dia optimis tingkat kelulusan itu akan naik hingga seratus persen. “InsyaAllah bisa. Karena siswa hanya butuh jawaban benar 55 persen dari seluruh soal untuk lulus, “terangnya.
Di sisi lain Wayan menambahkan bahwa pada hari yang sama juga diadakan Unas susulan bagi siswa SMA atau yang sederajat. “Sekitar 126 siswa mengikuti Unas susulan kali ini, ”ujarnya.
Para siswa SMA yang mengikuti Unas susulan menurut Wayan dikarenakan berbagai hal. “ Ada yang sakit, ada juga yang punya alasan lain, namun semua sudah terdata dengan baik dan besok mereka bisa mengikuti Unas susulan, ”imbuhnya. (sal)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna