Kamis, September 25, 2008

RAMADHAN BANWAS TINGKATKAN KINERJANYA


Jemberpost.com,
Bulan Ramadhan yang didalamnya mewajibkan seluruh umat muslim untuk melaksanakan puasa, agaknya tidak terlalu mempengaruhi kinerja para pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember untuk tetap melaksanakan tugasnya dengan baik.Ini dibuktikan oleh Badan Pengawas (Banwas) Kabupaten Jember, sejak 1 September lalu melaksanakan tugas sebagaimana harusnya. “Kita tidak terlalu terpengaruh dengan puasa, soal kerja tetap kita laksanakan sesuai koridor, tugas pokok dan fungsi, dan sudah ada 14 SKPD yang rampung diperiksa sejak bulan September hingga 19 September 2008, ”ungkap Drs Muis Balya, Kepala Badan Pengawas Kabupaten Jember.
Dari 14 SKPD yang telah diperiksa, justru pada bulan ramadhan inilah mereka tidak terganggu dan timbul semangatnya, apalagi menjelang akhir tahun anggaran, hal ini disebabkan kalau dibandingkan tahun lalu banyak program yang dilaksanakan di awal tahun 2008, “tambah Drs.Abdul Muis Balya ketika ditemui di ruang kerjanya.
Masih menurut Muis, sesuai dengan harapan Bupati Jember, bahwa laporan kinerja keuangan bagi SKPD yang diperiksa oleh BPK agar minimal mendapatkan predikat Wajar dengan Syarat dan dilaksanakan sesuai dengan perundangan yang berlaku, termasuk predikat tertinggi Wajar tanpa Syarat. “Dan semoga pelaksanaan anggaran tahun 2008 ini, bila diperiksa BPK kita dapat mencapai predikat tertinggi itu dan secara bersama-sama melaksanakannya dengan baik, “harap Mu’is.
Lebih jauh dikatakan Badan Pengawas (Banwas) Kabupaten Jember dalam melaksanakan pemeriksaan sesuai dengan tupoksinya, selain itu ada tugas tambahan yang diamanatkan oleh peraturan yang ada, serta yang terpenting membuahkan predikat baik yang terhadap laporan keuangan daerah yang dibuat Bappekab. “Bappekab dalam membuat laporan kepada BPK sebelum dilaporkan kepada BPK, maka Banwas akan melaksanakan Audit rewieu terlebih dahulu, “tandasnya.
Dalam melaksanakan setiap pengawasan, Banwas telah melakukan pengawasan reguler yang sesuai dengan program, sebab sebagai aparat pengawasan fungsional pemerintah, maka Banwas melaksanakan tugas-tugas yang sudah terprogram dan ditambah dengan tugas khusus mengenai penggaduan yang disinergiskan dengan unit kerja yang ada. “Semuanya harus tercover, selain itu tugas-tugas lain yang telah diberikan oleh Bupati Jember harus dilaksanakannya, “tandasnya.
Oleh karena itu bagi unit kerja yang telah diperiksa agar jangan berprasangka buruk (negative thingking), melainkan harus dilihat sisi positifnya saja. “Karena Banwas tidak akan mencari-cari kesalahan dalam melakukan pemeriksaaan, tetapi tetap pada peraturan dan koridor yang berlaku, “pungkasnya. (sal/bds)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna