Kamis, September 25, 2008

Pendonor Aktif Terima Penghargaan


Jemberpost.com,
Untuk kesekian kalinya Unit Transfusi Darah PMI Cabang Jember memberikan penghargaan berupa piagam dan pin kepada para pendonor yang selama ini telah rela menyumbangkan darahnya demi kepentingan kemanusiaan. “Kamiucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para relawan yang selama ini telah melakukan hal yang paling mulia demi kepentingan orang yang membutuhkan, yaitu dengan rasa ikhlas menyumbangkan darahnya bagi kemanusiaan, ”kata Dr. Oemi Djauhari selaku Kepala Unit Transfusi Darah PMI Cabang Jember saat memberikan penghargaan kepada pendonor yang ke-10, 25 dan 50 kali, di kantor PMI.
Oemi mengungkapkan bahwa acara ini diselenggarakan sekaligus untuk mempererat tali silaturrahmi antara para relawan / pendonor dengan PMI sebagai unit pelayan masyarakat yang membantu dalam penyediaan darah. “Kami akan terus berhati-hati dalam bekerja, sebab PMI ini bisa menolong masyarakat namun bisa juga membunuh jiwa, sehingga kami akan berupaya melakukan yang terbaik demi menyelamatkan jiwa, “katanya melanjutkan.
Oleh karena itu, katanya, seorang pendonor sebelum mendonorkan darahnya harus yakin bahwa darah yang diberikan adalah darah yang sehat dan aman. “Meskipun anda merasa sehat, darah anda belum tentu aman/sehat”, tegasnya.
Sehingga sebelum melakukan donor darah, Oemi menyarankan agar orang tersebut mengisi kuesioner riwayat kesehatan secara umum untuk membantu pihak PMI dalam memutuskan bahwa darah orang tersebut aman untuk disumbangkan.
Acara yang sekaligus dikemas dalam moment buka puasa bersama itu dihadiri pula oleh Kepala Ketua PMI Cabang Jember, Dr. Olong Fajri M, Sutaryanto, Kepala Perawat RSUD Dr. Soebandi, Dr. Wardhani dan beberapa pendonor lainnya.
Senada dengan Dr. Oemi, dalam sambutannya Dr. Olong mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para pendonor yang telah memberikan sebagian anggota tubuhnya untuk menyelamatkan jiwa orang lain. “Atas nama kemanusiaan yang menjadi misi PMI kami ucapkan terima kasih kepada para pendonor, sebab dengan partisipasi anda sekalian PMI dapat menyediakan darah untuk menyelamatkan orang lain dan tanpa bantuan itu kami tidak akan dapat melakukan tugas kami, “kata Dr. Olong dihadapan para hadirin.
Ia berharap, agar apa yang telah dilakukan para pendonor dapat menjadi amal-ibadah yang nantinya akan dibalas oleh Allah dengan pahala yang setimpal. “Sebab dengan mendonorkan darah kita, berarti kita telah bersedekah untuk orang lain terutama bagi mereka yang sangat membutuhkan”, tandasnya.
Pendonor yang menerima penghargaan saat itu adalah Achmad Asjik (pendonor sebanyak 50 kali), Salim Umar BSA (pendonor sebanyak 25 kali) dan Irma Savitri (pendonor sebanyak 10 kali).
Ditanya alasan menjadi pendonor aktif, Salim Umar BSA yang juga Pimred Jemberpost.com mengungkapkan bahwa beramal dengan mendonorkan darah itu merupakan kewajiban setiap insan yang sehat, sebab kebutuhan akan darah itu setiap harinya banyak sekali. Sewmentara itu Irma mengatakan bahwa dirinya sadar akan kepentingan orang lain yang sangat membutuhkan darah. “Saya secara rutin melakukan donor darah, karena saya ingin membantu sekaligus beramal kepada orang lain yang memerlukan darah saya”, cetus seorang mahasiswi semester akhir pada sebuah perguruan tinggi negeri di Jember itu.
Ia mengatakan, bahwa keinginan menjadi pendonor aktif bermula dari aksi sosial ketika ia masih duduk dibangku SMA. “Saat itu, sebagai seorang anggota PMR di sekolah, kami mengadakan aksi sosial dengan menyelenggarakan donor darah di lingkungan sekolah, dan saat itu pula kali pertama saya mendonorkan darah saya hingga keterusan sampai sekarang”, cetusnya dengan bangga. (sal/dn)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna