Minggu, Oktober 26, 2008

Mengambil Keputusan Yang Tepat


Oleh: Muhammad Nizar Kherid
Mahasiswa Fakultas Hukum ‘07 UNEJ
Kemampuan mengambil keputusan yang efektif merupakan persyaratan dasar, baik untuk keberhasilan yang profesional maupun kehidupan pribadi. Keputusan yang efektif ialah keputusan yang kurang lebih menghasilkan keadaan yang diharapkan. More than, keputusan yang efektif dapat menghasilkan perubahan yang signifikan.
Walaupun pengambilan keputusan yang efektif itu begitu penting bagi semua bidang kehidupan kita, dari pemilihan karier sampai pada perkawinan, dan pendidikan. Kita menghabiskan relatif sedikit waktu mempertimbangkan bagimana cara melakukannya, dan sebenarnya sering sedikit sekali waktu untuk bena-benar mengimplementasinya. Berikut adalah beberapa tips untuk memperbaiki keseimbangan itu:
1. Profesionalitas dalam kreatifitas
Personal yang unggul adalah modal untuk tampil ataupun berani mengambil keputusan. Suatu persepsi general terhadap keputusan sehingga terdapat korelasi positif dengan penentuan sikap anda terhadap segala keputusan tertentu. Seorang wanita misalnya dengan latar belakng pendidikan dan performance berkelas dia akan lebih fleksibel dalam dunia profesionalnya atau kehidupan pribadi yang merupakan aset pentingnya.
How to find self personality, mengatur pola pikir untuk berubah agar ada indikasi pentingnya pemikiran yang teratur dan komprehensif dalam membuat keputusan rasional.
2. Spekulasi antara pro dan kontra
Pro dan kontra adalah pengambilan keputusan dimana anda telah mengumpulkan fakta, pandangan, nasehat, dan gagasan. Semua relevan untuk keputusan yang harus diambil.
Apabila anda telah menjumlahkan pro dan kontra untuk tiap alternatif, kurangi kontra dengan pro yang relevan. Alternatif dengan nilai tertinggilah yang menang. Jika kontra mempunyai nilai lebih tinggi dari pada pro dalam semua alternatif, nampaknya anda tidak boleh menganbil tindakan manapun dari pilihan itu.
3. Lebih relevan kontemplatif.
Tanyakan pada diri anda apakah anda kelihatan sebagai seorang yang kehidupannay dapat berkembang dengan cara yang tidak disangka-sangka dan menarik atau sebaliknya sebagi seorang yang baik. Apakah orang-orang mengaggap anda sebagai orang yang terombang-ambing ataukah hanya just lake it flow? Mungkin anda tidak ingin menjadi yang manapun.
Artinya apaun pribadi anda, substansi anda, track record anda tentunya tidak mau menjadi seorang yang fluktuatif. Untuk itu perlu bersikap dewasa dan kontemplatif.
4. Konsultasi tanpa kehilangan kendali.
Keputusan adalah sesuatu yang urgen. Jika harus memilih menentukan sendiri, anda kehilangan sejumlah informasi dan pengalaman yang didapat orang-orang disekitar anda. Anda kehilangan salah satu sumber daya yang tersedia secara unik pengetahuan sesama sebagai insan sosial.
Namun jangan progresif terhadap orang lain. Tidak hanya keputusan orang lain akan mempengaruhi kehidupan anda secara merugikan. Karena keputusan itu berdasarkan perasaan dn prasangka yang sangat tidak sesuai untuk anda. Yang lebih gawat lagi nada tidak akan pernah mempunyai kesempatan untuk belajar dan lebih confident ataupun bernyali untuk mengarungi samudera tantangan hidup.
Jadi, kini bola ditangan anda. a member of jemberpost.com


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna