Jumat, Juli 31, 2009

Fotografer Jember Gelar Pameran

Jemberpost.com-Awalnya para penghobi fotografi di Jember ini cuman sekedar iseng ngumpul bareng sekedar sharing terkait hobi yang mereka miliki, akhirnya muncul gagasan untuk membentuk klub fotografi yang dinamai Jember Photograpy(JPG).Meski JPG ini baru berusia beberapa bulan belum genap satu tahun namun keberadaan mereka patut diperhitungkan, lihat saja disaat bulan-bulan berkunjung ke Jember (BBJ) tengah berlangsung justru JPG membuat ide cerdas merekam berbagai kegiatan BBJ dan potret kehidupan masyarakat Jember melalui foto yang di pamerkan di Kantor Pariwisata Kabupaten Jember dari 27Juli-2 Agustus 2009.
Seorang lelaki muda mengenakan kaos oblong warna putih bercelana jeans warna biru bersandal jepit malam itu tampak terheran-heran saat matanya menerawang sebuah foto off road bagian kegiatan dari BBJ Ke III 2009 yang tengah dipamerkan di Kantor Pariwisata Kabupaten Jember, sesekali nafasnya tertahan sambil menghisap sebatang rokok yang ada digenggaman jari tangannya.Luar biasa kalimat pendek seperti itulah yang terdengar lirih dari mulutnya, lama lelaki tersebut tidak beranjak dari tempatnya berdiri larut oleh foto hasil jepretan anggota JPG tersebut. Itulah sekilas gambaran yang ada disaat JPG menggelar pameran foto Jember dalam bingkai BBJ dan berbagai foto pariwisata, serta foto potret kehidupan masyarakat Jember bertema human interest, semua disajikan dengan apik didukung dengan foto berkwalitas menjadikan pameran ini semakin punya gengsi tinggi.
Foto yang dipamerkan oleh JPG itu berkisar 60 foto dari 30 fotografer yang tergabung dalam klub tersebut dengan memanfaatkan ruangan depan yang ada di kantor pariwisata yang berlokasi di Jl.Jawa itu, ini adalah pameran ke 2 yang digelar JPG setelah sebelumnya sempat mengadakan pameran di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) beberapa waktu lalu. Pameran ini sengaja dilaksanakan oleh JPG untuk mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa di Jember ada komunitas fotografi, selain itu JPG sengaja ingin mengabadikan kemeriahan BBJ dalam foto. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum JPG Muhammad Romdi bahwa sangat disayangkan kalau kegiatan akbar seperti BBJ itu dilewatkan begitu saja, bahkan rencananya semua foto yang telah dipamerkan tersebut akan diboyong di kantor bupati untuk dipamerkan kembali dalam rangka menyambut HUT RI Ke-64.
“Sengaja JPG menggandeng kantor pariwisata karena foto yang dipamerkan sebagian memang bernuansa wisata dan BBJ selain potret masyarakat Jember, disamping itu dengan pola kemitraan seperti ini kehadiran JPG mampu mengangkat potensi wisata di Kabupaten Jember melalui foto. Paling tidak JPG bisa membantu kantor pariwisata dalam mempromosikan wisata daerah, karena foto-foto yang telah dipamerkan oleh JPG ada yang bertemakan wisata dan bisa diakses di internet oleh masyarakat luas. JPG tiap dua minggu sekali rutin mengadakan pertemuan membahas segala sesuatu yang terkait dengan permasalahan fotografi, dan JPG sering mengadakan hunting foto bareng-bareng anggota, mengikuti lomba foto di luar kota seperti di Probolinngo beberapa waktu lalu saat perayaan tahun baru Cina ” Jelas Romdi.
Romdi juga menambahkan, JPG yang terbentuk 23 Nopember 2008 kini anggotanya tidak hanya dari Kabupaten Jember saja tapi tidak sedikit juga ada yang dari luar kota, mereka kebanyakan baru bergabung dengan JPG usai membuka website internet kelompok penghobi fotografi di Jember itu. Beragam profesi disandang oleh para anggotanya mulai dari pelajar, mahasiswa, wiraswasta,bankers, polisi, bahkan wartawan sekalipun yang tiap harinya memang berkutat dengan kamera. Kamera yang dipunyai para anggota ini pun juga cukup bervariasi. Mulai dari kamera SLR yang super canggih dengan harga selangit hingga kamera pocket yang cukup simpel dan praktis, sebab kamera bukan parameter bagi seorang untuk menghasilkan foto yang bagus dan meraih kejuaraan dalam lomba foto.”Bahkan ada salah satu orang anggota JPG yang hanya memakai kamera pocket sedanya, ternyata mampu lebih dari satu kali meraih juara dalam lomba foto meski hanya ditingkat lokal,”terang Romdi.
Sementara itu Kepala Kantor Pariwisata Pemkab Jember Arief Tjahyono, SE menyambut gembira pameran yang dilaksanakan oleh JPG bersamaan dengan pelaksanaan BBJ 2009, karena fotografi adalah bagian dari ekspresi seni yang merupakan dokumentasi kehidupan sehari-hari.”Biarkan foto bicara itu makna yang ingin disampaikan oleh JPG kepada masyarakat Jember, sebab foto mampu memberikan makna dan arti ketimbang kata-kata.Foto-foto yang dipamerkan disini semuanya boleh dibilang sudah memenuhi syarat untuk dipamerkan, selain objek foto yang menarik juga didukung oleh pencahayaan yang cukup sehingga menghasilkan foto yang berkwalitas. Kedepan JPG paling tidak semakin berprestasi lagi dan mampu mengangkat nama Jember melalui fotografi, dan keprofesinalannya sudah dibuktikan oleh mereka dengan foto-foto yang dipamerkan disini ,”tandas Arief mantan Camat Ambulu yang juga penghobi fotografi itu.(sal)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna