Jumat, Juni 19, 2009

Pembangunan Pabrik Semen Puger Dimulai


Jemberpost.com
Kabupaten Jember terus bangkit, kini menyusul sektor industri yang juga mulai menggeliat dengan ditandai peletakan batu pertama pembangunan pabrik semen yang berlokasi di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. “Semoga niat yang baik ini akan membawa kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Jember pada umumnya”, demikian tegas Bupati Jember MZA Djalal ketika melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik semen Puger Jaya Raya Sentosa di Kecamatan Puger.
Menurut Djalal meski pembangunan pabrik semen ini kerjasama antara Pemkab Jember dengan Pemerintah China, namun dengan tidak meninggalkan rasa patriotisme dan kecintaan kepada bangsa ini, kita juga mempunyai ikatan emosional yang kuat dengan masyarakat china. Namun demikian Bupati Djalal minta agar semua uang mereka juga di simpan di wilayah ini. “Agar supaya pertumbuhan ekonomi kita semakin meningkat, sehingga akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat, “pintanya.
Nantinya setelah pabrik semen ini mulai beroperasi dan berproduksi, sebaiknya seluruh pembangunan di Kabupaten Jember ini memakai semen produksi dari Puger ini. “Sebab kalau semua bangunan pakai semen ini akan memberikan nilai tambah dan produksi semen puger ini akan meningkat tajam”, katanya.
Diakhir sambutannya Djalal minta kepada masyarakat Puger khususnya untuk ikut menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban. “Kalau ada sesuatu yang tidak cocok, mari kita musyawarahkan bersama dan jangan senang melakukan demonstrasi”, ajaknya.
Kedua, agar warga masyarakat Jember yang mempunyai keluarga di luar Jember, untuk melakukan investasinya di wilayah ini, sebab Bupati Djalal menjamin akan memberikan banyak kemudahan, utamanya mengenai pengurusan perijinan akan dipermudah. “Karena bagi saya, bagi pengusaha yang serius untuk menanamkan modalnya di Jember akan dibantu sepenuhnya, asalkan investasinya yang sesuai”, janjinya.
Sementara itu owner pabrik Semen Puger Jaya Raya Sentosa, Hengky Sugiharto Gunawan mengatakan bahwa keinginannya untuk mendirikan pabrik semen ini merupakan hasil kunjungannya di China yang melihat di negara tersebut banyak pabrik kecil yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di China. Atas kenyataan ini, Hengky langsung menghadap Bupati, yang langsung direspon positif oleh beliau dengan menyetujui pembangunan pabrik semen diwilayah ini . “Kami langsung mengurus perijinan yang dibantu langsung oleh Bapak Bupati Djalal dengan menggerahkan stafnya dibagian perijinan”, kisahnya.
Acara selain dihadiri unsur muspida Jember, para pengusaha, SKPD Pemkab Jember juga dihadiri oleh konjen China di Surabaya ini untuk menyaksikan peletakan batu pertama pembangunan pabrik ini, dan merupakan tanda dimulainya pembangunan pabrik semen, yang juga adalah salah satu dambaan masyarakat Jember secara keseluruhan. “Pembangunan pabrik semen itu merupakan upaya guna mencukupi kebutuhan bahan bangunan murah bagi warga setempat”, ujarnya.
Karena pembangunan itu guna membantu masyarakat dalam memperoleh bahan bangunan murah, maka semen yang diproduksi harga jualnya relatif murah, jauh lebih murah dibandingkan harga semen yang kini beredaran di pasaran. “Kandungan potensi bahan baku semen di Kabupaten Jember sangat potensial, diperkirakan mencapai ratusan juta ton dengan kualitas sangat cocok untuk bahan semen dan mampu memasok industri berkapasitas dua juta ton per tahun”, katanya.
Lebih jauh, menurut Hengky pembangunan pabrik akan diselesaikan secara bertahap dan akan rampung selama 8 bulan serta direncanakan beroperasi dengan produksi seribu ton per hari dan akan dilanjutkan dengan tahap pembangunan berikutnya, sehingga produksi akan lebih meningkat menjadi 3000 ton per hari. “Sehingga pabrik ini bisa benar-benar menjadi pabrik mini yang mampu mencukupi kebutuhan akan semen diwilayah ini”, jelasnya.
Mengenai jumlah tenaga kerja yang akan terserap dalam beroperasinya pabrik ini yang mencapai antara 300 hingga 500 orang, sehingga dengan berdirinya pabrik semen ini akan lebih mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki wilayah Jember, baik SDA maupun SDM. “Dengan demikian pabrik semen ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar puger dan Jember pada umumnya” pungkasnya. (sal)

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna