Sabtu, Februari 28, 2009

DPU Cipta Karya Prioritaskan Peningkatan Kualitas Pembangunan Dan Sarana Kecipta Karyaan

•Ir. Merwin Lusiani: Perlu Kepekaan Dan Partisipasi Aktif Masyarakat.

Jemberpost.com-Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Jember baru pimpinan Ir Merwin Lusiani terus bergerak mensosialisasilkan programnya dan terus bekerja sesuai dengan tugas pokok dan Fungsinya. Di DPU Cipta Karya terbagi dalam 4 bidang yaitu, Tata bangunan dan Perijinan, Tata kota dan Pedesaan, Kebersihan dan PJU dan yang terakhir bidang Pemukiman dan Perumahan.

Untuk tata bangunan mulai dilaksanakan penertiban dan mempercepat proses perijinan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan). Menurut Merwin prosedur pengurusan IMB melalui tahapan dari Desa/kelurahan, kecamatan dan setelah dilengkapi persyaratannya akan segera di survey dan apabila tidak menemui kendala di lapangan maka IMB bisa segera diterbitkan, tentang biaya yang ditetapkan maka di bayar sesuai perda. “Kami akan segera mensosialisasikan cara memperoleh IMB dengan Mudah kepada masyarakat, terutama di tingkat Desa di seluruh Kecamatan” Ujar Merwin.

Dijelaskan juga perencanaan dengan titik berat penataan ruang melalui penertiban ijin-ijin bangunan dengan kesesuaian fungsi kawasan,wilayah maupun kegiatan-kegiatan bangunan dalam kawasan yang bermuara untuk keserasian dan keseimbangan terhadap lingkungan akibat pembangunan yang terkendali. Selain itu juga berupaya mendorong peran serta swasta dalam pemeliharaan dan pengelolaan taman dan keindahan kota.
Untuk peningkatan peran serta masyarakat dan pelayanan air bersih utamanya pedesaan yang masih mencapai 24 persen dengan proyeksi 5 tahun kedepan bisa mencapai 40 persen Dan untuk kota ketersediaan untuk 5 tahun kedepan diharapkan bisa mencapai 80 persen.
Untuk tahun 2009 yang paling menjadi perhatian Merwin adalah masalah persampahan (kebersihan) dan sebagai pilot project adalah 3 kecamatan kota yaitu pengelolaan sampah pada subernya dengan harapan Jember bersih dari Sampah.

Ir Merwin Lusiani,MM bukan orang baru di DPU dirinya bertugas di Dinas Pekerjaan Umum sejak tahun 1989 sampai 1994. Karir Ibu dua orang putera termasuk moncer, tahun 1994-1996 masuk di Bapedda kemudian menjadi Kasie Pengairan pada tahun 1996-2000, tahun 2000-2004 ditugaskan sebagai Kabid data dan pelaporan pada Bapedda dan berlanjut sebagai sekretaris Bapedda sampai tahun 2005. Setelah itu Merwin bertugas sebagai Kabid Lingkungan Hidup pada DKLH sampai dilantik menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya pada 6 Januari 2009 lalu.
Beberapa program yang sudah dilaksanakan antara lain
PROGRAM RUANG TERBUKA HIJAU
Sudah dilaksanakan penanaman pohon pelindung jalan dalam kota jenis glodokan, tanjung, dan angsana sebanyak 8.400 pohon.
Penghijauan pada sekolah-sekolah, sumber-sumber bair milik PDAM dan bantaran sungai.
Penghijauan di lapangan olahraga, taman kota baik kota kabupaten maupun kota kecamatan.

PROGRAM AIR BERSIH
Sampai dengan saat ini pelayanan air bersih di Kabupaten Jember untuk perkotaan sudah mencapai 63% dari target 80% dan untuk pedesaan baru mencapai 24,37% dari target 40%

PROGRAM PENYEHATAAN LINGKUNGAN PERMUKAAN
Optimalisasi drainase kota sebagai saluran pematusan dan penggelondoran sudah mencapai 70%.
Perbaikan dan peningkatan infrastruktur lingkungan / kampung baik perkotaan maupun pedesaan berupa MCK, jalan lingkungan, plengsengan dan persampahan yang bersumber dari dana APBD dan APBN

PELAYANAN PERIZINAN
Izin mendirikan bangunan (IMB) mengacu pada perda yang berlaku sesuai RTRK yang sudah ditetapkan
Memberikan pertimbangan teknis dalam rangka penerbitan izin lokasi untuk kegiatan tertentu
Sedangkan program yang akan datang dan mendapat prioritas adalah
PROGRAM RTH
Program penghijauan berupa pembuatan hutan kota
Penghijauan jalan baik di kota maupun di wilayah pedesaan
Peningkatan, pemeliharaan dan peremajaan taman kota baik kota kabupaten maupun kota kecamatan termasuk lapangan olahraga

PROGRAM AIR BERSIH
Pelayanan air bersih untuk wilayah perkotaan akan terus ditingkatkan dengan target 80% pada tahun 2012
Pelayanan air bersih untuk daerah pedesaan ditargetkan 40% pada tahun 2012

PROGRAM PENYEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN
Pembangunan dan pemeliharaan drainase kota akan terus ditingkatkan sesuai dengan kondisi yang ada
Pembangunan dan peningkatan trotoir / pedistrian di wilayah kota kabupaten dan kota kecamatan
Perbaikan lingkungan pemukiman / perbaikan infrakstruktur kawasan pesantren, kawasan kampung nelayan, kawasan kampung pengrajin dan kawasan pasar

PELAYANAN PERIZINAN
Penyederhanaan mekanisme proses penerbitan maupun pelayanan ijin mendirikan bangunan berdasarkan ketentuan yang berlaku
Merencanakan dan mengusulkan peraturan daerah tentang pengelolaan air limbah


DPU Cipta Karya saat ini berupaya penuh meningkatkan kualitas pembangunan, penataan ruang dan pengendalian standard bangunan yang berwawasan lingkungan. Selain itu Merwin berharap kepekaan dan kepedulian masyarakat untuk turut menjaga sarana dan prasarana kebersihan baik itu tempat sampah pohon peneduh dan sebagainya.
“Kami berharap peran serta dan partisipasi aktif masyarakat karena yang kita laksanakan juga untuk kesejahteraan masyarakat”.Pungkasnya.
Senada dengan itu Sekretaris DPU Cipta Karya Moh Hasyim menyatakan terkait sebagai lembaga baru pihaknya saat ini melaksanakan konsolidasi, menginventarisir SDM termasuk sarana dan prasarana. “Dalam konsolidasi itu kami memberikan pemahaman pada seluruh staff tentang lembaga yang baru, utamanya menyangkut Tupoksi” ujarnya (salim)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna