Jumat, September 19, 2008

BLT Tahap II Di Banjarsengon, Berjalan Lancar


Jemberpost.com,
Harapan masyarakat kurang mampu atas dicairkannya Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada bulan Ramadhan atau menjelang Lebaran ini, akhirnya kesampaian juga. BLT yang diperuntukkan bagi masyarakat miskinsebagaimana rencana pemerintah, untuk tahap II ini betul-betul dicairkan pada bulan Ramadhan.
Dengan dicairkannya BLT pada bulan ini, kesulitan uang yang kerap dihadapi masyarakat ketika menghadapi lebaran, sedikit teratasi. Mereka yang menerima bantuan dari pemerintah ini, bisa memanfaatkan uang BLT tahap II sebesar Rp 400 ribu itu, untuk memenuhi kebutuhannya dalam rangka perayaan lebaran kelak.
Penyerahan BLT tahap II yang dilaksanakan di Kelurahan Banjarsengon, Kecamatan Patrang berjalan cukup lancar. Masyarakat kurang mampu yang memang sejak lama menunggu pencairannya, berharap pada bulan Ramadhan ini sudah bisa dilaksanakan. Sehingga, dana BLT yang diterimanya, bisa digunakan untuk menutupi kebutuhan bulan Ramadhan. “Terima kasih kepada pemerintah telah menguncurkan dana BLT kepada masyarakat Banjarsengon. Mudah-mudahan program BLT untuk yang akan datang bisa ditingkatkan kembali. Kalau bisa BLT yang akan datang tambah lagi nilai nominalnya karena masyarakat sangat membutuhkan dana untuk membeli sembako,”ujar Suroso, warga setempat.
Lurah Banjarsengon, Imam Thohari mengatakan terkait pencairan BLT tahap II ini secara keseluruhan berjalan seperti yang direncanakan. Semua berjalan lancar, aman dan terkendali. “Tidak ada gejolak sama sekali, masyarakat juga senang karena mendapatkan bantuan, apalagi disaat menjelang lebaran, ”ujarnya.
Manfaat dari bantuan langsung dari pemerintah untuk masyarakat miskin ini, menurut dia, sangat besar sekali. Hal itu khususnya bagi masyarakat di Banjarsengon, yang kalau dibanding dengan kelurahan-keluarahan lain di dalam wilayah Kota Jember, tergolong miskin.
Sebagian besar dari penduduk yang ada di Kelurahan Banjarsengon ini tergolong sebagai orang miskin. Mata pencaharian yang ditekuni penduduk di daerah ini antara lain menjadi tukang batu, buruh tani dan buruh gudang. “BLT ini sungguh banyak membantu masyarakat miskin. Apalagi sebentar lagi menghadapi lebaran, bantuan itu bisa untuk membeli sembako,” akunya.
Kasi Kesejahteraan Masyarakat, Banjarsengon, Suharto S.Sos, menambahkan, bahwa BLT tahap II yang dilaksanakan di kelurahannya itu sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap warga tidak mampu dalam menhadapi lebaran. Pemerintah kata Suharto, menyadari, dalam menghadapi lebaran, kebutuhan masyarakat akan meningkat.
Karena itu untuk membantu kesulitan mereka, pemerintah segera mencairkan BLT tahap II. “Masyarakat Banjarsengon memang menunggu kapan BLT bisa keluar. Sekarang alhamdulilah masyarakat bisa menerima BLT untuk tahap ke II sesuai dengan harapannya, ”tandasnya.
Untuk penyerahan BLT tahap II ini, warga yang berhak menerima di Kelurahan Banjarsengon dibagi berdasarkan lingkungan masing-masing. Diantaranya Lingkungan Gender BLT diterimakan kepada 91 orang, Lingkungan Kebon Lor 60 orang, Lingkungan Kebon Kidul 89 orang, Lingkungan Krajan 156 orang. “Total keseluruhan warga miskin Banjarsengon yang menerima BLT tahap ke II sebanyak 405 orang, “pungkas Harto.
Ungkapan yang tidak jauh berbeda juga disampaikan Camat Patrang, Drs. Gatot Suharyono M.Si. “BLT tahap II ini sangat membantu masyarakat, utamanya karena ini sudah diharap. Apalagi ini tahap II realisasinya 4 bulan jadi ini betul-betul sangat membantu kehidupan masyarakat dikalangan masyarakat kurang mampu,” jelas Suharyono, yang ditemui saat memantau pelaksanaan pencairan BLT Tahap II di Balai Kelurahan Banjarsengon.
Untuk Kelurahan Banjarsengon warga penerima BLT-nya sebanyak 405 orang, kata Suharyono, membuktikan bahwa kehidupan masyarakat di daerah itu memang butuh perhatian pemerintah. Karena itu kepada pemerintah diharapkan ada bantuan-bantuan lain dalam rangka pemberdayaan masyarakat. “Masyarakat Banjarsengon bisa dibantu, khususnya di kalangan masyarakat miskin. Kedepan nampaknya masyarakat Banjarsengon masih berharap ada kucuran dana dari pemerintah,”ungkapnya. (sal*)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna