Rabu, Agustus 27, 2008

Sapi Kereman Mlandingan Berhasil Juarai Katagori Ekstrem


Jemberpost.com
Kontes ternak sapi, kambing dan domba dalam rangka memperingati HUT RI ke 63 di Jember, kemarin berlangung selama 2 hari di Tanggul Kulon Jember. Diikuti 208 ekor dari 31 kecamatan di Jember, Lumajang, Situbondo, Banyuwangi, Bondowoso dan beberapa kota lainnya.Kontes yang dimulai tanggal 26-27 Agustus 2008 dihadiri oleh Bupati Jember beserta anggota muspida lainnya. Namun pada hari itu juga hadir Brigjen TNI Bambang Suhartono, Kasdam V Brawijaya dan H Arum Sabil yang menyempatkan diri untuk menyaksikan lomba kontes ternak
Tujuan pelaksanaan kontes itu menurut panitia diantaranya memperluas informasi terkait dengan ternak sapi dengan hasil IB (Inseminasi Buatan), menunjukkan prestasi pada peternak di Jember dan sekitarnya, menggairahkan pedagang sapi, dan memacu pendapatan peternak sapi.
Dalam kontes itu dari katagori kontes yang paling diunggulkan (Sapi kereman extreme) diperoleh hasil sapi dari Mandlingan-Situbondo milik H Hairul dengan berat badan 1,264 ton berhasil menggondol juara pertama. “Alhamdulilah, tujuannya ikut kontes ini selain untuk tambah saudara juga kalau ada yang mau nawar cocok harganya, saya kasihkan pak,”ungkapnya.
Disampaikan juga oleh H Hairul yang membawa 6 ekor sapinya dalam kontes ini diyakini olehnya kalau sapi yang dirawatnya akan menghasilkan daging banyak. “Kalau beratnya 1,6 ton maka sapi itu akan menghasilkan daging sekitar 7,5 ton jadi kalau ditawar 40 juta tentunya rugi saya akan matok harga 75 juta,”ujar pemilik jagal di Situbondo ini.
Dalam kesempatan itu Bupati Jember MZA Djalal sebelum menyerahkan tropy dan uang pembinaan kepada sejumlah pemenang mulai juara I-III dari berbagai jenis ternak sapi, kambing dan domba berkesempatan menyampaikan terima kasihnya kepada peternak yang bisa hadir mengikuti kontes ini.
Kontes ini menurut Bupati Djalal selain untuk memacu ternak di Jember dan sekitarnya, namun lebih dari itu kontes ini berguna untuk peningkatan pruduksi daging sapi dan ternak di wilayah Jatim bagian timur. “Peluang sangat terbuka lebar karena di Indonesia kita masih kekurangan daging dan ini peluang kita tidak hanya Jember tetapi bagi daerah lainnya,”cetusnya.
Selanjutnya Djalal juga menyampaikan terima kasihnya kepada partisipasi masyarakat yang telah ikut menyukseskan kontes ini. “Kontes ini atas partisipasi dari masyarakat Jember yang diprakarsai dan dikoordinir oleh H Arum Sabil,”tandasnya sembari meliriknya.
Bupati Djalal dalam melanjutkan sambutannya sempat menyampikan terkait dengan BBJ. Kontes ini merupakan rangkaian kegiatan dari memperingati HUT RI ke 63 di Jember. “Cuma dalam mengkemas memperingati HUT lewat BBJ, pemerintah hanya membiyai sedikit sekali dan masyarakatlah yang lebih banyak berpartisipasi,” pungkasnya.
Hal itu terwujud dengan berbagai event yang telah digelar kemarin, banyak event dari masyarakat yang banyak berpartisiapasi. “Selain pada kontes ini juga pada event lain seperti off roade edventure, paralayang, motor cross dan banyak lainnya,”tuturnya.
Harapannya dimasa mendatang pemerintah akan memfasilitasi dalam berbagai event yang nantinya bisa dikerjasamakan dengan para investor. “Saya menilai dengan lewat media koopored akan manikkan nilai jual ternaknya jadi silahkan para investor untuk menyelenggarakan ini kami dari pemerintah akan memfasilitasinya,”harapnya. (sal/jok)

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna