Rabu, Agustus 20, 2008

Jember Loloskan 18 SD Berstandart Nasional

Jemberpost.com
Sekolah mana yang tidak menghendaki lembaganya naik statusnya menjadi stardar nasional. Jelas semua sekolahan akan berpacu untuk menginginkan sekolahnya terpilih menjadi sekolahan standar nasional (SN) apalagi internasional (SI).Apalagi dalam Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 pendidikan kedepan mengacu pada stardar nasional dengan 8 aspek, diantaranya isi, proses, kopetensi kelulusan, pendidik, kependidikannya, sarana-prasarana, pembiayaan, dan penilaian.
Sehingga pada tahun 2008 ini Pemerintah Kabupaten Jember lewat Dinas pendidikan telah mengajukan 32 sekolah dasar untuk menjadi sekolah agar naik statusnya menjadi sekolah SN. “Dan yang lolos untuk naik statusnya yakni sejumlah 18 SD,”ungkap Jumari, Kabid TK-SD yang ditemui di ruang kerjanya kemarin.
Sekolah itu yang telah lolos menurut Kabid kebanyakan dari sekolahan SD yang berdomisili di kota. “Seperti di SDN Ambulu I, SDN Bangsalsari II, SDN Jember Lor I, SDN Kepatihan I, SDN Kepatihan IV dan banyak lagi ada 18 SD,”jelasnya.
Adapun sekolahan yang telah lolos memperoleh standart nasional melewati tahapan yang berat dengan sekitar 100 item yang harus dipenuhi. “Dari yang lolos 18 lembaga diantaranya SD negeri 15 lembaga dan SD swasta 3 lembaga,”cetusnya.
Lolosnya sekolah dasar yang mendapatkan kenaikan statusnya sekolah menjadi stardart nasional pada tahun ini menurut Jumari merupakan peningkatan. “Karena pada tahun lalu saja Kabuiputen Jember tingkat SD hanya memiliki satu yakni SDN Jember Lor III saja mudah-mudahan tahun mendatang lebih banyak lagi,”harapanya.
Namun upaya kedepan, akan terus dirintis dan dipersiapkan oleh pemerintah daerah dalam rangka menjadikan sekolah di Jember memiliki standart nasional. “Pada tahun mendatang juga demikian akan dipersiapkan, diharapkan masing-masingn kecamatan ada satu sekilahan SD yang berstandart itu,”pungkasnya.
Untuk itu pihaknya jauh-jauh hari menjelang pengusulan pada tahun mendatang sudah dipersiapkan oleh seluruh pelaku pendidikan yang ada disekolah itu. Termasuk dari Dinas Pendidikan Jember. “Dari 8 penilaian mulai dari gurunya, kulaitas pendidikan, sarana dan prasaranya coba kita persiapkan secara dini,”pintanya.
Adapun upaya yang sedang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Jember. Beberapa waktu yang lalu telah meningkatkan kualitas guru pada sekolahan itu. “Misalnya guru disekolahan itu telah diberi pelatihan dan peningkatan pendidikan dengan disekolahkan agar memiliki ijasah SI,”tandasnya.
Pertimbangan menjadikan banyak lembaga sekolahan dasar dinaikan statusnya agar nantinya peningkatan mutu dan lembaga dapat berdanpak pada kondisi siswa yang mengenyam pendididkan disekolahan itu. “Minimal anak didik dengan fasilitas pendidikan dan kualitas guru dapat dirasakan oleh siswa,”paparnya.
Dengan dinaikan statusnya oleh pemerintah pusat maka pengaruhnya kedepan kepada lembaga yang status tingkatnya naik maka akan tidak sedikit perhatian dari pemerintah pusat yang akan dikucurkan. “Agarmemacu lebih tinggi maka sekolahan yang telah statusnya akan dirangsang dengan bantuan block grand dari pusat,”imbuhnya. (sal/jok)


Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna