Rabu, Agustus 27, 2008

Bupati Djalal : PLTMH Antrokan Bernilai Ekonomi Tinggi


Jemberpost.com
Satu persatu pemilik modal mulai melirik potensi Sumber Daya Alam (SDA) Kabupaten Jember setelah beberapa hari yang lalu diresmikannya pabrik pupuk organik di Kecamatan Pakusari, dan kini salah satunya investor lokal PT Listrik Antrokan dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang berlokasi di Antrokan Desa Manggisan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. “Pembangunan pembangkit ini semata-mata untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang berada disekitar waduk Antrokan, “demikian disampaikan Bupati Jember MZA Djalal ketika meletakkan batu pertama pembangunan PLTMH di Antrokan Desa Manggisan Kecamatan Tanggul, Rabu (27/8) tadi siang.
Pembangunan waduk Antrokan selain akan memberikan nilai tambah bagi sektor rekreasi, namun lebih dari itu untuk memberikan suplay listrik yang akan dihasilkan oleh pemanfaatan waduk ini dengan membangun pembangkitnya. “Kita membangun tempat rekreasi yang juga dapat menghasilkan energi listrik untuk masyarakat, “harap orang nomor satu di Jember ini.
Lebih lanjut menurut Djalal bahwa Pemkab Jember akan mendapatkan keuntungan operasional dari PT Listrik Antrokan sebesar 10 % untuk lima tahun pertama dan mulai lima tahun hingga 20 tahun selanjutnya akan mendapatkan keuntungan sebesar 20 % yang akan masuk dalam PAD Kabupaten Jember. “Dan 20 tahun selanjutnya pembangkit ini akan dikelola oleh Pemkab Jember melalui Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kabupaten Jember, “terangnya.
Kepada investor PT Listrik Antrokan yang mau menanamkan investasinya disektor kelistrikan ini, Djalal mengucapkan terima kasih dan semoga akan menyusul para investor yang ingin menanamkan modalnya, tentunya disektor dan bidang lain di Kabupaten Jember. “Silahkan masyarakat yang ingin bergabung, karena Jember masih memiliki potensi yang luar biasa yaitu didaerah gunung pasang, tancak yang kapasitasnya melebihi Antrokan ini, “pintanya.
Djalal berpesan kepada pelaksana pembangunan bendungan ini sesuai dengan aturan, cepat selesai dan awet kontruksinya. “Pembangkit yang akan kita bangun ini kecil, tapi akan kita jual dengan PLN dan akan dinikmati oleh masyarakat serta ini karena merupakan hidayah dari Alloh SWT, “kata Djalal.
Sementara itu investor PT Listrik Antrokan Mudjiono sekaligus penanggung jawab pembangunannya mengatakan bahwa kapasitas yang akan dihasilkan dari pembangunan pembangkit ini sekitar 600 ribu watt yang akan memanfaatkan sumber air yang mendapatkan suntikan air dari kali tengah di Antrokan. “Air dari waduk ini juga dapat dimanfaatkan untuk irigasi yang akan mengaliri sawah disekitarnya, sehingga tidak kesulitan dalam penyediaan air untuk irigasi, “jelasnya.
Namun demikian Mudjiono berharap terwujudnya pembangunan pembangkit ini harus mendapat dukungan dari pemerintah kabupaten Jember dan masyarakat, khususnya warga desa disekitar pembangkit ini. ”Dengan adanya pembangkit listrik ini, masyarakat desa akan dapat memanfaatkan hasil energi listrik yang dihasilkan kelak kemudian hari, “ujarnya.
Dan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hidro ini diperkirakan akan rampung satu tahun kedepan dan selanjutnya akan dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi diwilayah ini. ”Atas dukungan pemerintah kabupaten jember dan masyarakat setempat, optimis pembangunan PLTMH ini akan berhasil dan dapat meningkatkan kesejahteraan warga desa disini, “optimisnya.
Dengan ditandai peletakan batu pertama oleh Bupati Jember MZA Djalal, maka dimulailah pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) ini, sehingga kedepan akan menghasilkan energi listrik yang sangat diperlukan masyarakat. (sal/tot)





Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna