Rabu, Agustus 20, 2008

Berangkat Kerja Bersepeda Ontel


Jemberpost.com
Ajakan Presiden RI untuk hemat energi, dilakukan juga oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang beberapa waktu lalu di depan jajaran Pemerintahan Kabupaten Jember seperti Kantor Dinas, Badan Usaha Daerah, Bupati, Wali Kota, Kantor Kecamatan, hingga Desa.Ternyata di Jember hemat energi juga dilakukan oleh banyak kumunitas sepeda ontel Jember. Seperti yang dilakukan oleh Agus Alim, salah satu dari anggota kumunitas POJ (PIT Ontel Jember).
Keseharian saat melakukan rutinitas pekerjaannya, berangkat dan pulang kerja dengan menggunakan speda ontel dari kediaman di Jalan A Yani Gang VI No. 45 Jember sampai ke tempat kerjaannya Bank Mandiri alon-alon Jember selalu mengunakan speda. “Sejak momentum BBM naik, saya menggunakan sepeda ontel berangkat dan pulang kerjanya, Insyallah sampai pensiun nanti,”ungkapnya.
Pemikiran menggunakan sepeda ontel setiap hari yang ia lakukan sebenarnya banyak yang bisa dilakukan yakni bisa berhemat. “Dari sisi ekonomi banyak hal yang dilakukan, kalau kita menggunakan motor maka seminggu saja bisa mengeluarkan biaya sekitar 20 ribu maka dengan menggunakan speda ontel bisa berhemat 80 ribu sebulan,”jelasnya.
Belum lagi dari sisi lain manfaat yang dapat kita peroleh dengan bersepeda ontel. Menurut staf Bagian Umum (GA) di Bank Mandiri dampaknya badan akan lebih sehat lagi. “Dengan bersepeda minimal kita selalu berkeringat metabolisme darah lancar, karena tidak saja dalam bekerja saja tetapi ketika ke masjid atau yang bisa saya jangkau akan saya gunkan speda,”tutur Agus.
Diakui oleh Agus sebenarnya untuk sosialisasi kepada warga lain melakukan hemat energi dengan berspeda ontel telah dilakukan pihaknya. “Di belakang speda ontel saya ditulis PIT hemat dan sehat dan harapannya semua orang bisa membacanya,”terangnya.
Apa yang dilakukan ini berawal dari hoby yang telah ditekuni sejak 5 tahun sekali. Apalagi pihaknya bergabung dengan komunitas POJ pecinta speda ontel di Jember. “Akibatnya karena sering menggunakan speda ontel maka speda motor sering makrak tidak banyak digunakan kecuali terpaksa sekali,”ujarnya.
Para pencita speda ontel di Jember, utamanya di kecamatan kota setia minggunya berkumpul di sekitar alon-alon Jember. “Setelah berspeda menyusuri jalan yang disepakati untuk saling memberikan informasi sesame temen biasanya berhenti dan berkumpul di depan depan BTN,”paparnya.
Bahkan kemarin saat diselenggarakan BBJ tahun ini dalam rangka HUT RI di Jember mengajukan program untuk ikut bergabung memeriahkan. “Namun karena waktunya mepet dan jadwalnya sudah tersusun maka niatan itu tidak bisa terlaksana. Tetapi waktu mendatang pada Tajemtra ada rencana ikut serta,”imbuhnya.(sal/jok)

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template custom by Adiguna